Sukses


Nomine Pemain Terbaik Liga 1 2017 Dikuasai Pemain Asing

Jakarta - Kompetisi Liga 1 2017 segera berakhir. Tiga tim: Bhayangkara FC, Bali United, dan Madura United berpeluang untuk menjadi yang terbaik di akhir musim. Namun, yang tak kalah seru juga menantikan siapa bintang yang akan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga 1.

PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 1, melalui Technical Study Group (TSG), yang mereka bentuk, telah menentukan tiga pemain yang menjadi nomine, semuanya adalah pemain asing. Mereka adalah pemain asal Belanda, Willem Jan Pluim (PSM Makassar) dan Sylvano Dominique Comvalius (Bali United), serta pemain Portugal, Paulo Sergio Moreira Goncalves (Bhayangkara FC), .

 

Ketiga nama ini dipilih berdasarkan pertimbangan skill, kontribusi, pengaruh, dan perilaku. Pengumuman peraih gelar Pemain Terbaik Liga 1 akan dilakukan pada malam penghargaan yang rencananya digelar pada 20 November.

Tak mudah untuk memilih dari ketiga nama di atas. Sebab, ketiga pemain ini memang tampil gemilang sepanjang perhelatan Liga 1 2017.

Paulo Sergio dan Comvalius sama-sama berpeluang membawa timnya jadi juara. Nilai plus juga dimiliki Comvalius, karena saat ini masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sementara dengan 35 gol. Sementara Willem Jan Pluim, meski gagal mengantarkan PSM juara, tetap mampu menunjukkan performa bagus, secara individu dan untuk tim.

2 dari 3 halaman

Kontribusi untuk Tim

Danurwindo, Direktur Teknik PSSI, yang juga anggota tim TSG PT LIB menyebut, besar-kecilnya kontribusi sang pemain kepada tim, memang memegang peranan penting dalam penilaian tim juri. Bahkan, kata mantan pelatih timnas Primavera ini, masih ada hal-hal lain yang jadi pertimbangan mereka.

"Pemain terbaik pun harus mampu memberikan dampak positif bagi tim, mampu tampil konsisten di level teratas, memiliki leadership, semangat dan antusiasme tim, menjadi role model tim, dan membawa timnya ke puncak prestasi," tutur Danurwindo dalam rilis.

 Pemain Persija Jakarta, Rezaldi Hehanusa, masuk dalam daftar kandidat Pemain Muda Terbaik Liga 1. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Selain memillih kandidat Pemain Terbaik Liga 1, Tim TSG juga telah menentukan nomine Pemain Muda Terbaik Liga 1 2017. Mereka adalah Rezaldi Hehanusa (Persija Jakarta), Septian David Maulana (Mitra Kutai Kartanegara), dan Muhammad Arfan (PSM Makassar).

 

3 dari 3 halaman

Daftar Nomine

Daftar Nomine Pemain Terbaik Liga 1

1. Willem Jan Pluim (PSM Makassar)

2. Paulo Sergio Moreira Goncalves (Bhayangkara FC)

3. Sylvano Dominique Camvalius (Bali United)

Daftar Nomine Pemain Muda Terbaik Liga1

1. M Rezaldi Hehanusa (Persija Jakarta)

2. Septian David Maulana (Mira Kutai Kartanegara)

3. Muhammad Arfan (PSM Makassar).

Saksikan video pilihan di bawah ini

Video Populer

Foto Populer