Sukses


Ikuti Kursus Pelatih, Arif Suyono Belum Siap Pensiun

Bola.com, Malang - Satu lagi pemain Arema FC akan mempersiapkan diri sebagai pelatih. Dia adalah pemain sayap senior, Arif Suyono. Pada 18-30 November 2017, dia akan mengikuti kursus kepelatihan C AFC di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Hal ini sekaligus jadi aktivitas Arif Suyono yang biasa disapa Keceng itu untuk mengisi libur kompetisi. Sebelumnya, rekan setim sekaligus sahabatnya, Ahmad Bustomi, sudah mengambil kursus kepelatihan itu di Kusuma Agro Wisata, Batu, pada Agustus lalu.

Meski mengikuti jejak Bustomi untuk jadi pelatih, Keceng masih belum memiliki rencana kapan dia akan berhenti sebagai pemain. "Kalau ditanya rencana pensiun, saya ingin terus bermain sampai usia 50 tahun. Itu bukti saya sangat cinta bermain sepak bola," katanya.

Tentu kalimat itu hanya kiasan bagaimana Keceng masih belum siap pensiun karena di Indonesia masih belum ada pemain yang bertahan hingga usia kepala lima.

Lantas apa tujuan Keceng mengambil lisensi pelatih sekarang? Ternyata dia ingin bisa menularkan ilmunya kepada pemain muda di Batu karena pemilik nomor punggung 14 itu merupakan putra daerah kota wisata tersebut.

"Dalam hati ingin mengajarkan bagaimana menjadi pesepak bola yang bagus dan benar kepada anak-anak di Batu," katanya.

Itulah mengapa, pemain 33 tahun ini masih enggan disebut sebagai pelatih lantaran dia merasa baru menularkan ilmu kepada pemain muda di daerahnya dan belum memiliki rencana jadi pelatih profesional dalam waktu dekat. "Saya belum melatih kok. Cuma mengajar anak-anak kecil main bola," katanya merendah.

Arif Suyono merupakan pemain dengan nama besar di Batu karena dia pernah jadi bagian penting Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Selain Arema, Sriwijaya FC dan Mitra Kukar merupakan tim besar di luar Jawa yang pernah dibelanya.

Namun musim ini, dia mulai jarang dapat kesempatan bermain. Tetapi, saat laga kandang terakhir Arema di Liga 1 melawan Semen Padang (4/11/2017), Keceng berhasil menyumbangkan dua gol. Itu jadi bukti jika kemampuannya belum habis sehingga dia masih bisa bersaing dalam beberapa musim depan.

  • Arif Suyono adalah pesepak bola Indonesia yang bermain di klub Arema Cronus sebagai gelandang.
    Arif Suyono adalah pesepak bola Indonesia yang bermain di klub Arema Cronus sebagai gelandang.
    Arif Suyono adalah pesepak bola Indonesia yang bermain di klub Arema Cronus sebagai gelandang.

    Arif Suyono

  • Arema FC yang sebelumnya bernama Arema Cronus adalah klub asal kota Malang yang memiliki julukan Singo Edan
    Arema FC yang sebelumnya bernama Arema Cronus adalah klub asal kota Malang yang memiliki julukan Singo Edan
    Arema FC yang sebelumnya bernama Arema Cronus adalah klub asal kota Malang yang memiliki julukan Singo Edan

    Arema FC

Video Populer

Foto Populer