Sukses


Madura United Tak Akan Lepas Rifad Marasabessy

Bola.com, Bangkalan - Bek kanan Madura United, M. Rifad Marasabessy, kini tengah dalam incaran PS TNI. Dengan statusnya sebagai anggota TNI berpangkat sersan dua (serda), Rifad diminta untuk bisa bergabung dengan kesebelasan yang berafiliasi dengan instansinya tersebut.

Namun, manajer Madura United, Haruna Soemitro, menegaskan bahwa Rifad masih berstatus sebagai pemain Laskar Sape Kerrap. Baginya, Rifad masih menjadi andalan timnya dan tidak akan dijual kepada klub lain.

“Dia (Rifad) punya kontrak dengan Madura United sampai 2019. Saya tegaskan untuk klub mana pun yang meminatinya, Rifad Marasabessy not for sale,” kata Haruna kepada Bola.com, Rabu (6/12).

Lebih lanjut, Haruna juga berkomentar soal kabar yang menyebutkan bahwa pemain kelahiran Tulehu itu punya kewajiban untuk membela PS TNI. Menurutnya, Rifad merupakan pemain sepak bola yang dikontrak secara profesional.

“Dalam ini, hukum di sepak bola secara sah menyatakan Rifad adalah pemain kami (Madura United). Kalau suatu saat dia dipanggil dinas yang berkaitan dengan TNI itu lain lagi. Tapi, PS TNI tidak punya kewenangan untuk memanggil Rifad untuk bergabung. Mereka harus hubungi kami dulu karena kami klub yang telah mengikat kontrak dia,” imbuh mantan Ketua Asprov PSSI Jatim tersebut.

Haruna juga ingin meluruskan pemamahan publik mengenai proses transfer pemain. Menurutnya, ada yang kurang tepat dalam memandang status Rifad untuk bisa membela sebuah klub sepak bola.

“Harus dipahami bahwa kami adalah klub yang memiliki Rifad. Tidak ada kewajiban kami untuk meminta izin PS TNI jika ingin menggunakan jasanya. Sebaliknya, mereka (PS TNI) malah harus bicara pada kami jika menginginkan Rifad. Tapi, sudah saya sampaikan dia masih dibutuhkan oleh Madura United dan dalam status tidak dijual,” tegas Haruna.

Penampilan Rifad musim ini memang menjadi perhatian dari publik. Dia merupakan bagian dari skuat timnas U-19 yang berlaga di Piala AFF U-18 di Yangon, Myanmar. Selain itu, musim lalu dia juga merupakan pilihan utama pelatih Madura United, Gomes de Oliveria, untuk mengisi pos bek kanan.

Saat Rifad absen, pos tersebut secara bergantian diisi oleh Rendi Siregar, Rizky Dwi Febrianto, dan bahkan winger Engelberd Sani. Musim ini, nampaknya Gomes Sudah tidak akan pusing jika pemain 18 tahun itu tidak bisa tampil. Sebab, mereka sudah mendatangkan Benny Wahyudi dari Arema.

Rifad pun juga menegaskan dia akan tetap berseragam Madura United musim depan. Dia juga tidak medulikan bahwa tempatnya akan direbut oleh Benny. “Saya punya kontrak dan itu harus saya hormati. Soal siapa yang turun di pertandingan itu hak pelatih. Selama saya siap, saya akan berikat yang terbaik di lapangan,” ujar mantan pemain PS TNI U-21 itu. (Aditya Wany)

Video Populer

Foto Populer