Sukses


RD Bicara Polemik Pemain Timnas Indonesia Main di Luar Negeri

Bola.com, Palembang - Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, angkat bicara perihal isu yang menyebut PSSI tak merestui pemain yang tergabung dalam Timnas Indonesia untuk berkiprah di luar negeri jelang Asian Games 2018.

Sebagai pelatih yang pernah berkarier di Malaysia, Rahmad Darmawan merasa perlu menyampaikan pendapatnya. Pelatih 51 tahun ini menilai, pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri bisa memperoleh banyak hal positif.

"Yang pertama tentu pengalaman. Itu tak bisa dibeli dan sangat berharga. Mereka akan mendapat pelajaran dan kultur sepak bola yang berbeda, jadi saya pikir hal ini sangat positif," ujarnya.

Selain itu, pelatih yang biasa disapa RD ini juga menyebut kualitas pemain bersangkutan akan meningkat jika mendapat kesempatan bermain di luar Indonesia.

"Mereka akan belajar lebih tentang profesionalisme karena semuanya akan diurus sendiri. Beda bila dibandingkan di negeri sendiri. Selain itu, tidak banyak orang yang mengenal mereka di sana. Kalau di sini mungkin sudah dianggap bintang sehingga perlu kerja keras agar mampu bersaing nantinya," tutur RD.

Itulah mengapa, mantan pelatih T-Team itu mendukung langkah Evan Dimas dan Ilham Udin, yang saat ini sudah resmi dikontrak Selangor FA, atau Ryuji Utomo yang akan hijrah ke Liga Thailand bersama PTT Rayong.

"Saya sangat mendukung, namun sekali lagi mereka perlu lebih disiplin dan ekstra kerja keras di sana," lanjutnya.

Seperti diketahui, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, kecewa dengan keputusan pemain Timnas Indonesia yang hijrah ke luar negeri. Edy menilai, pemain itu melunturkan semangat perbaikan kompetisi dan sepak bola di dalam negeri yang dikampanyekan setahun ini.

Edy juga tidak ingin kiprah pemain di luar negeri itu mengganggu jadwal dan program kepelatihan Timnas Indonesia yang sudah disusun. Apalagi, program timnas tersebut disiapkan demi meraih target lolos ke semifinal Asian Games yang digelar Agustus 2018.

Video Populer

Foto Populer