Sukses


Indonesia Kekurangan Pelatih Berlisensi AFC

Bola.com, Yogyakarta - PSSI menggelar kursus kepelatihan berlisensi AFC di Wisma Dharmaputra, Yogyakarta, 18-30 Desember 2017. Sebanyak 24 peserta mengikuti kursus yang dimentori eks pelatih Persib Bandung, Emral Abus Sutan Harhara, serta Bambang Nurdiansyah sebagai instruktur.

Kursus berlisensi AFC tersebut mendapat tanggapan positif dari Direktur Teknik PSSI Danurwindo. Menurutnya, Indonesia masih membutuhkan 500 juru taktik berlisensi federasi sepak bola Asia.

''Masih butuh sebanyak itu. Makanya kami rutin menggelar kursus pelatih AFC, dalam rangka salah satunya mengejar target itu,'' kata Danurwindo, kepada Bola.com

Danurwindo menjelaskan PSSI juga sudah mengagendakan berbagai kursus pelatih berlisensi AFC pada tahun depan. Untuk lisensi C AFC saja akan diadakan 30 kali pelatihan, lalu dua kali kursus pelatih B AFC dan sekali untuk lisensi A AFC. Bahkan, induk cabang olahraga tertinggi sepak bola di Tanah Air itu juga akan menggelar sekali kursus pelatih lisensi pro untuk pertama kalinya.

''Apalagi setelah dijatuhi sanksi FIFA, kita sangat kekurangan pelatih. Alhamdulillah setelah sanksi dicabut, tahun ini sudah ada 11 kali kursus pelatih lisensi C AFC. Kemudian dua kali untuk lisensi B dan A AFC. Termasuk juga sekarang Indonesia sudah punya 6 instruktur pelatih AFC dari sebelumnya hanya satu orang,'' ujarnya.

Secara khusus, Danurwindo mengapresiasi kegiatan yang digelar PSSI tersebut. Selama ini, dirinya juga aktif berkomunikasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga. "Apalagi kursus ini langkah mempercepatan pembangunan sepak bola Indonesia,'' ucapnya.

Video Populer

Foto Populer