Sukses


Soal Polemik Evan - Ilham, Menpora Sebut Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, menegaskan tidak melarang Evan Dimas dan Ilham Udin bermain di liga manapun. Imam pun turut membandingkan kasus dua penggawa timnas Indonesia itu dengan yang dialami bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Evan dan Ilham direkrut tim Malaysia, Selangor FA, dari Bhayangkara FC untuk menjalani musim kompetisi 2018. Namun, proses kepindahan mereka memantik polemik.

Ketua Umum PSSI, Eddy Rahmayadi, mengecam keputusan Evan dan Ilham merapat ke Malaysia. Bahkan, Eddy menuding pesepak bola Indonesia yang hengkang ke luar negeri tidak berjiwa patriot karena hanya mengutamakan materi.

Polemik itu pun membuat Menpora buka suara. Bahkan, Imam mengisyaratkan agar PSSI mencontoh kebijakan transfer sepak bola negara-negara Eropa seperti, misalnya Ronaldo, mengingat hengkangnya pemain dari negara asalnya bukanlah sebuah masalah.

"Ketika Ronaldo harus memilih ke Real Madrid lalu pindah dari Portugal ke Spanyol, siapa yang mempersoalkan?" kata Imam di Candra Wijaya International Badminton Center, Tangerang Selatan, Selasa (19/12/2017).

"Ini merupakan persoalan profesionalisme seorang atlet yang harus dihargai. Menurut saya tidak ada masalah mereka mau bermain di manapun. Namun, mereka wajib pulang ke tanah air jika timnas membutuhkan," lanjut Imam.

Meski belum mendapat klarifikasi dari pihak terkait, Menpora pun mempertanyakan sikap PSSI yang seakan melarang Evan dan Ilham bermain di luar negeri.

"Saya belum menerima apa alasan pelarangan itu. Bagi saya, soal profesionalisme. Klub-klub Liga 1 juga mengimpor pemain asing. Mengapa pemain kita tidak diberi ruang di negara-negara lain?" cetus Imam.

Video Populer

Foto Populer