Sukses


Supardi Yakin Persib Akan Berkembang Dilatih Gomez

Bola.com, Bandung - Supardi sangat menaruh harapan besar kepada pelatih baru Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez. Di bawah asuhan pelatih asal Argentina itu, bek veteran ini yakin Maung Bandung akan terus berkembang.

Supardi menyebut, Gomez begitu cermat dalam menyusun program pemusatan latihan. Dalam TC tersebut, Gomez sangat mengutamakan semangat kebersamaan.

"Coach (Mario) Gomez ini menekankan pada kebersamaan tim. Kita juga enggak boleh ada yang telat dan semuanya dikerjakan bersama-sama," ujar Supardi, seperti dirilis situs resmi Persib.

Menurut Supardi (34), semangat kebersamaan itu telah diterapkan Gomez saat pemusatan latihan di Yogyakarta, 21-29 Desember lalu. Dari situ, para pemain merasa semakin saling mengenal.

"Misalkan, waktu makan dan berangkat latihan, kita harus sama-sama. Kita semua tahu peraturan dia (ketat). Sebelumnya mungkin bisa sedikit leha-leha tapi, sekarang enggak," sambungnya.

Akan tetapi, tak hanya semangat kebersamaan. Gomez, kata Supardi, juga sangat variatif dalam menyusun metode kepelatihannya di Persib. "Tapi banyak juga yang lainnya yang sebelumnya memang belum pernah kita rasakan," ujarnya lagi.

 

2 dari 3 halaman

Filosofi Gomez

Mario Gomez (kiri) bersama staf pelatih Persib. (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Tak hanya soal metode kepelatihan, Supardi juga mengaku mengagumi filosofi sepak bola yang dianut Gomez. Menurut Gomez, yang terpenting dalam sepak bola adalah keseimbangan.

Menurut Supardi, ini filosofi ini nyambung karena sepak bola adalah permainan tim, yang mengandalkan kolektivitas. Jadi, prestasi tim merupakan hasil kerja sama pemain, bukan individu.

"Kita dapat bola, lalu melakukan serangan. Ketika enggak dapat bola, kita sama-sama tetap bekerja. Itu filosofi yang dia sampaikan kemarin dan saya suka itu," ujar pemilik nomor punggung 22 ini.

 

3 dari 3 halaman

Berlatih Lagi

Persib kembali berlatih hari ini, Rabu (3/1). (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Persib sendiri kembali mulai berlatih sejak Rabu (3/1/2018), usai libur tahun baru. Latihan ini mereka lakukan dalam rangka persiapan jelang ajang Piala Presiden.

Rencananya, Persib memang akan ikut serta di Piala Presiden, yang jadi ajang pemanasan sebelum Liga 1 2018. Namun, sebelum tampil di ajang ini, yang rencananya digelar pertengahan Januari, Persib akan terlebih dahulu menggelar uji coba lawan tim lokal.

Video Populer

Foto Populer