Sukses


3 Pemain Sosok Pembeda di Fase Perempat Final Piala Presiden 2018

Bola.com, Jakarta - Babak perempat final Piala Presiden 2018 telah berakhir dengan meloloskan empat tim terbaik ke semifinal. Total empat pertandingan yang dimainkan di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada 3 dan 4 Februari 2018, terdapat tiga pemain yang memiliki penampilan apik dan peran kunci dibalik kesuksesam timnya. Siapa saja?

Tercatat ada 18 gol tercipta di babak perempat final Piala Presiden 2018. Bahkan, sengitnya pertandingan memaksa dua laga harus berakhir dalam drama adu penalti untuk menentukan pemenangnya.

Fakta tersebut membuat Piala Presiden tahun ini bisa dibilang lebih kompetitif ketimbang tahun lalu. Selain kekuatan tim yang bisa dibilang berimbang, dukungan penonton yang militan menjadi pelecut para pemain di lapangan hijau.

Uniknya, semua pertandingan di babak perempat final berakhir dengan skor identik di waktu normal. Pada hari pertama yakni Sabtu (3/2/2018), para penonton disajikan pertandingan ketat antara Persebaya Surabaya melawan PSMS Medan dan Bali United melawan Madura United.

Kedua pertandingan tersebut berakhir dengan skor imbang 3-3 dan membuat pemenang ditentukan di babak adu penalti. PSMS melaju ke semifinal setelah menaklukkan Persebaya dengan skor 4-3, sedangkan Bali United berhasil mendepak Madura United dengan skor 5-4 pada drama tendangan 12 pas itu.

Adapun dua pertandingan pada hari kedua yakni Minggu (4/2/2018) berakhir dengan skor identik pada waktu normal. Persija Jakarta mampu mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 3-1, sedangkan Sriwijaya memupuskan laju Arema FC dengan skor sama.

Kemenangan yang diraih PSMS, Bali United, Persija, dan Sriwijaya tentu tak diraih dengan mudah. Terdapat nama-nama pemain yang memiliki sumbangsih besar di balik lolosnya keempat klub tersebut ke babak semifinal yang akan digelar dengan format kandang tandang.

Bola.com mencoba mengerucutkan ke dalam tiga nama pemain yang berkontribusi mencetak gol dan memiliki peran penting dalam babak perempat final Piala Presiden 2018. Siapa saja mereka?

2 dari 4 halaman

Marko Simic

Striker Persija, Marko Simic, melakukan selebrasi usai membobol gawang Mitra Kukar pada laga perempat final Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Minggu, (4/2/2018). Persija menang 3-1 atas Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Nama Lengkap: Marko Simic

Tempat dan Tanggal Lahir: Rijeka, Kroasia, 23 Januari 1988

Postur: 187 cm/82kg

Posisi: Penyerang

Penampilan apik Persija Jakarta di Piala Presiden 2018 sejauh ini tak bisa dipisahkan dengan peran Marko Simic. Sejak babak penyisihan grup, pemain berpaspor Kroasia itu selalu memberikan penampilan impresif untuk klub berjulukan Macan Kemayoran itu.

Penampilan menawan berlanjut di babak perempat final Piala Presiden pada Minggu (4/2/2018). Super Simic, julukan Marko Simic, mencetak dua gol ketika Persija menundukkan Mitraa Kukar dengan skor 3-1.

Tambahan dua gol di babak perempat final membuat Simic kini bersaing dalam perburuan gelar sepatu emas Piala Presiden. Pemain yang diboyong dari Melaka United pada 27 Desember 2017 itu sejauh ini sudah mencetak lima gol.

Namun, Simic kemungkinan besar hanya akan tampil dalam leg pertama semifinal Piala Presiden 2018 melawan PSMS Medan yang akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada 10 Februari 2018.

Pelatih Stefano Cugurra Teco diprediksi akan melakukan rotasi dan menyimpan Simic pada leg kedua karena Persija Jakarta juga akan berlaga di Piala AFC melawan Darul Takzim pada 14 Februari 2018.

Jika ingin memastikan sepatu emas Piala Presiden 2018 dalam genggaman, Marko Simic tentu harus mencetak lebih banyak gol pada leg pertama semifinal Piala Presiden 2018. Hal itu untuk mengamankan trofi jika kenyataan pahitnya Persija gagal lolos ke final.

3 dari 4 halaman

Stefano Lilipaly

Striker Bali United, Stefano Lilipaly, menendang penalti ke gawang Madura United pada laga perempat final Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Sabtu, (3/2/2018). Bali United menang adu penalti 5-4 atas Madura United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Nama Lengkap: Stefano Jantje Lilipaly

Tempat dan Tanggal Lahir: Arnhem, Belanda, 10 Januari 1990

Postur: 175 cm/68kg

Posisi: Gelandang

Sama seperti Marko Simic, peran Stefano Lilipaly dibalik kesuksesan Bali United di Piala Presiden 2018 tak bisa dibantahkan. Pemain naturalisasi asal Belanda itu mampu mencetak satu gol melalui tendangan penalti ketika klubnya bermain imbang 2-2 melawan Madura United di waktu normal.

Lililpaly juga mencetak gol ketika Bali United akhirnya mendepak Madura United dengan skor 5-4 pada drama adu penalti. Tambahan satu gol pada babak perempat final membuat Lilipaly kini mengoleksi lima gol.

Namanya sejajar Marko Simic dalam daftar pencetak gol terbanyak sementara di Piala Presiden 2018 dengan torehan lima gol. Sama seperti Simic, Lilipaly kemungkinan besar juga bakal absen pada laga leg kedua semifinal Piala Presiden 2018 melawan Sriwijaya FC.

Lilipaly bakal disiapkan Bali United untuk menghadapi Yangon United pada pertandingan pertama Piala AFC 2018. Jadi, Lilipaly juga bakal bekerja keras menambah koleksi golnya di Piala Presiden untuk menyegel gelar sepatu emas tahun itu.

4 dari 4 halaman

Syahrian Abimanyu

Gelandang Sriwijaya FC, Syahrian Abimanyu, saat pertandingan melawan Arema FC pada laga perempat final Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Minggu, (4/2/2018). Sriwjaya FC menang 3-1 atas Arema FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Nama Lengkap: Syahrian Abimanyu

Tempat dan Tanggal Lahir: Purwareja, 25 April 1999

Postur: 170 cm/68kg

Posisi: Gelandang

Meski baru berusia 18 tahun, pada kenyataannya Syahrian Abimanyu berhasil mendapatkan peran di skuat Sriwijaya FC pada babak perempat final Piala Presiden 2018. Kepercayaan yang diberikan pelatih Rahmad Darmawan pun dibayar tuntas dengan sebiji gol yang dicetak ke gawang Arema FC.

Gol tersebut menjadi yang pertama dicetak oleh Abimanyu di Piala Presiden 2018. Namun, pemain yang sempat menimba ilmu di akademi Levante B itu juga punya peran penting di balik kemenangan 3-1 Sriwijaya FC atas Arema.

Abimanyu kerap merepotkan lini pertahanan Singo Edan dan menjadi motor penggerak serangan tim. Pemain bernomor punggung 25 itu tak gentar berhadapan dengan lawan yang lebih senior.

Syahrian Abimanyu diprediksi masih bakal menjadi kunci penampilan apik Sriwijaya FC di Piala Presiden 2018. Apalagi klub berjuluk Laskar Wong Kito itu bakal menghadapi Bali United pada pertandingan semifinal yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah pada 11 dan 14 Februari 2018.

Video Populer

Foto Populer