Sukses


Piala Gubernur Kaltim Jadi Ajang Persiapan Menuju Liga 1 2018

Jakarta Piala Gubernur Kaltim mendapat rekomendasi sebagai turnamen pramusim sebelum Liga 1 2018 bergulir. Piala Gubernur Kaltim tahun ini adalah edisi kedua setelah tahun 2016.

Saat itu Borneo FC tampil sebagai juara usai menang 1-0 atas Madura United berkat gol Ponaryo Astaman. Kali ini, ada delapan tim yang sudah memastikan diri meramaikan PGK 2018.

Delapan tim tersebut terbagi dalam dua grup. Grup A dihuni Borneo FC, Arema FC, Mitra Kukar, dan Bali United. Venue untuk Grup A adalah Stadion Segiri, Samarinda. Sedangkan Grup B yang dihuni Persebaya Surabaya, Persiba Balikpapan, Madura United, dan Sriwijaya FC dihelat di Stadion Batakan, Balikpapan.

Meski banyak tim besar yang absen, Yunus Nusi selaku Wakil Ketua Steering Committee PGK 2018 memastikan bahwa Piala Gubernur Kaltim 2018 tetap menjadi ajang yang bermanfaat bagi seluruh peserta. Ajang ini juga melanjutkan euforia masyarakat yang sudah terbentuk dari perhelatan Piala Presiden 2018.

"Selain tiga tim dari Kaltim, ada lima tim luar yang kami putuskan sebagai peserta. Kami yakin kualitas dari lima tim sudah sangat baik untuk penyelenggaraan Piala Gubernur Kaltim. Ini bagian dari pramusim yang diberikan gubernur dan masyarakat Kaltim sebelum mengikuti kompetisi Liga 1," ungkap Yunus.

 

2 dari 3 halaman

Sempat Undang Tim Besar

Awalnya, jadwal Piala Gubernur Kaltim itu sendiri rencananya dimulai pada 18-28 Februari. Namun, jadwal itu harus diubah menjadi 23 Februari-4 Maret 2018. Yunus juga menjelaskan bahwa pihaknya telah mencoba mengundang beberapa tim top seperti Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar.

"Namun mereka memutuskan untuk tidak ikut karena beberapa alasan yang kami serahkan sepenuhnya kepada klub. Kami tak bisa memaksa mereka. Bukan kami tidak butuh, hampir keseluruhan tim ingin menjadi peserta Piala Gubernur Kaltim," tegas Yunus.

"Ini menjadi bagian dari kebutuhan klub. apalagi klub yang tidak masuk ke semifinal Piala presiden. Kita sudah mendrafting di tanggal 18-28 Februari. Tapi tiba-tiba ada informasi bahwa rencana kompetisi Liga 1 akan dimundur lagi, kami berkomunikasi lagi dengan PT LIB dan PSSI, kami menanyakan lagi bahwa kita akan menyesuaikan jadwal," ia menambahkan.

3 dari 3 halaman

Pembagian Grup

Grup A

Borneo FC

Arema FC

Mitra Kukar

Bali United

 

Grup B

Persebaya Surabaya

Persiba Balikpapan

Madura United

Sriwijaya FC

 

Sumber: www.liputan6.com

Video Populer

Foto Populer