Sukses


Persija Wajib Mewaspadai 4 Pemain Naturalisasi Johor Darul Ta'zim

Bola.com, Johor Bahru - Persija Jakarta akan bersua lawan tangguh di laga pertama penyisihan Grup H Piala AFC 2018. Tim Macan Kemayoran harus menghadapi juara Liga Super Malaysia 2017, Johor Darul Ta'zim, di Tan Sri Dato' Haji Hassan Yunos Stadium, Johor Bahru, Rabu malam (14/2/2018). 

Satu hal yang perlu diwaspadai Persija dari sang lawan adalah banyaknya pemain naturalisasi yang ada di tim Johor Darul Ta'zim. Ada delapan pemain "asing" di tim JDT, empat di antaranya berstatus pemain naturalisasi.

Jumlah itu jadi yang terbanyak di antara klub di Negeri Jiran. Empat pemain naturalisasi itu adalah Natxo Insa, La'Vere Corbin-Ong, Darren Lok, dan Junior Eldstal.

Klub lain, seperti Melaka United, punya dua pemain naturalisasi sementara Pahang FA, Terengganu FC, dan Perak FA memiliki masing-masing satu pemain naturalisasi.

Natxo Insa merupakan gelandang asal Spanyol yang juga merupakan adik dari Kiko Insa, pemain yang pernah berkiprah di Indonesia bersama Arema FC dan Bali United. Natxo Insa pernah memperkuat sejumlah klub di Spanyol, seperti Villarreal, Celta Vigo, Zaragoza, dan Levante.

Berbeda dengan Natxo yang baru bergabung dengan JDT pada 2017, ada Junior Eldstal yang sudah berada di klub berjuluk South Tiger itu sejak 2015. Pemain yang sudah menjadi andalan Timnas Malaysia sejak di kategori U-23 ini merupakan gelandang bertahan atau bek tengah yang berkarakter keras.

 

2 dari 2 halaman

Pemain Naturalisasi Jadi Berkah

Kemudian ada Darren Lok dan La'Vere Corbin Ong, pemain kelahiran Inggris. Darren memperkuat JDT II pada 2016 sebelum bergabung dengan JDT pada 2017. Ia sudah mendapatkan debutnya bersama Timnas Malaysia pada 7 Oktober 2016 ketika menghadapi Singapura.

Sementara La'Vere Corbin-Ong merupakan pemain kelahiran London, yang sebelumnya berstatus warga negara Kanada. Ia memiliki ibu asal Malaysia, yang membuatnya dianggap sebagai pemain lokal di Liga Super Malaysia saat bergabung dengan JDT pada 24 November 2017.

Kehadiran keempat pemain naturalisasi di tim JDT tentu harus menjadi perhatian khusus bagi Persija Jakarta. Bahkan kehadiran pemain-pemain naturalisasi yang bergabung dengan beberapa klub di Malaysia, dianggap jadi berkah.

"Malaysia memiliki segalanya untuk menjadi tim terkuat tak hanya di regional ini, tetapi juga di Asia. Saat ini ada cukup banyak pemain naturalisasi di sini dan saya yakin Timnas Malaysia akan menjadi tim yang diperhitungkan di Piala AFF mendatang," ujar Fabio da Silva, pelatih Kuala Lumpur FA, soal fenomena pemain naturalisasi di Malaysia.

"Jika pelatih Cheng Hoe berhasil menyatukan pemain naturalisasi dan pemain U-23 sebagai sebuah tim, saya yakin Malaysia akan lebih kuat, lebih tangguh, yang bisa melaju untuk memenangi Piala AFF tahun ini," lanjutnya.

Persija Jakarta akan memainkan laga pertama Grup H Piala AFC 2018 di kandang Johor Darul Ta'zim, Rabu (14/2/2018). Pertandingan tersebut akan dimulai pada jam 20.45 waktu setempat atau jam 19.45 WIB.

Video Populer

Foto Populer