Sukses


Cara Unik Persebaya Mengasah Kemampuan Kiper

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya tidak hanya fokus mengasah kemampuan penyelesaian akhir selama melakoni pemusatan latihan di Yogyakarta. Mereka juga mengasah kemampuan deretan penjaga gawang. Hal ini bagian evaluasi yang dilakukan jajaran pelatih seusai Piala Presiden 2018.

Dalam turnamen pramusim tersebut, Persebaya kebobolan empat gol dalam empat pertandingan. Hasil paling mencolok terjadi pada perempat final ketika melawan PSMS Medan di Stadion Manahan, Solo (3/2/2018).

Laga tersebut berkesudahan dengan skor 3-3 dalam waktu normal. Malah, Miswar Saputra yang saat itu mengawal gawang Persebaya, dua kali kebobolan gol cepat pada awal babak pertama dan kedua.

"Kiper posisi yang sangat strategis dalam tim. Penampilan mereka bisa memengaruhi mental dan performa seluruh pemain dalam lapangan," kata Miftahul Hadi, pelatih kiper Persebaya.

Berbagai macam menu latihan diberikan untuk menambah kelincahan, kecepatan, dan reaksi penjaga gawang. Satu di antaranya dengan memberikan tantangan kepada kiper dengan bola yang ditembak ke berbagai arah gawang.

Sebanyak empat kiper yang dimiliki Persebaya, yakni Miswar, Dimas Galih, Alfonsius Kelvan, dan Stevanno Pietersz, wajib menghalau bola yang ditendangkan dalam kecepatan berubah-ubah itu. Menariknya, bola yang digunakan memiliki ukuran yang tidak seragam.

"Mereka saya latih dengan berbagai jenis bola, mulai ukuran normal, kecil hingga bola yang dipakai dalam olahraga american football. Program seperti ini cukup efektif untuk meningkatkan insting dan kelihaian penjaga gawang," imbuh pelatih kiper 52 tahun itu.

Menurut Hadi, berlatih dengan berbagai macam bentuk bola akan melatih kecepatan reaksi. Bola lonjong yang digunakan dalam olahraga american football membantu jajaran kiper Persebaya agar siap dengan pergerakan bola liar.

"Kalau menggunakan ukuran bola yang jauh lebih kecil akan mengasah kejelian dan kecepatan terhadap tendangan lawan yang keras dan cepat," ujar eks pelatih kiper Persela Lamongan dan Gresik United itu.

Video Populer

Foto Populer