Sukses


Cara Persebaya Menghindari Ketergantungan pada Pemain

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya dipastikan tidak diperkuat empat pemain yang masih bergabung dengan pemusatan latihan Timnas U-23 dan Timnas U-19 saat bentrok dengan Madura United di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (24/2/2018).

Empat pemain yang absen pada pada laga pertama Persebaya di Piala Gubernur Kaltim II 2018 itu adalah Nelson Alom, Osvaldo Haay, Irfan Jaya, dan Rachmat Irianto.

Meski begitu, pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera, tak risau. Pasalnya, ia sudah menyiapkan sejumlah pemain untuk menambal kekosongan posisi yang ditinggalkan empat pemain tersebut. Misalnya, Ferinando Pahabol diplot untuk menggantikan posisi Irfan Jaya. Di pos ini juga masih ada Oktavianus Fernando.

Sementara tempat Nelson Alom bisa diisi Sidik Saimima. Sebelum kedatangan Alom, gelandang asal Tulehu (Ambon) inilah yang menempati posisi gelandang jangkar tersebut.

Untuk Osvaldo, Alfredo kemungkinan akan menempatkan Abu Rizal. Sementara Rachmat Irianto yang sejak Piala Presiden kerap dicadangkan, tak perlu dicarikan pengganti. Apalagi di sektor belakang yang menjadi habitat Rachmat, sudah ada Fandry Imbiri dan Otavio Dutra.

"Selama mereka berada di Timnas, kami sudah siapkan penggantinya. Jadi tak masalah, karena di tim ini juga tidak ada pemain inti maupun cadangan. Semua pemain terbiasa dirotasi, dan seluruh pemain sangat penting bagi tim ini," sebut Alfredo.

Alfredo memang tak membiasakan memainkan pemain yang sama di setiap laga. Ia tak mau bergantung pada individu pemain. Sebab, ketergantungan pada satu atau dua pemain dinilai Alfredo merugikan lantaran bisa mereduksi kekuatan timnya ketika salah satu atau dua pemain inti absen.

"Karena itu, ketika ada pemain kami yang dipanggil ke Timnas, tidak masalah bagi kami," tutur pelatih Persebaya asal Argentina tersebut.

Video Populer

Foto Populer