Sukses


Jadi Top Scorer Persib 2017, Raphael Maitimo Lanjutkan Peran Striker di MU

Bola.com, Balikpapan - Untuk kali pertama, Raphael Maitimo bermain sebagai striker selama membela Madura United. Peran False Nine didapatnya saat Madura melawan Persebaya Surabaya dalam Piala Gubernur Kaltim di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu malam (24/2/2018).

Tidak ada satu striker pun yang diturunkan pelatih Madura United, Gomes de Oliveira, pada laga tersebut. Cristian Gonzales yang biasa menempati posisi itu baru diturunkan pada awal paruh kedua menggantikan Engelberd Sani.

Maitimo yang berposisi asli gelandang bermain lebih ke depan menjadi target man selama babak pertama. Meski bukan merupakan posisi aslinya, Maitimo mengaku nyaman mendapat tugas dari Gomes. 

“Itu adalah posisi terbaik saya untuk saya. Tapi, saya butuh pemain yang pintar memberi umpan terobosan, bermain cepat, dan sederhana. Itu strategi permainan yang saya inginkan,” kata gelandang 33 tahun itu kepada Bola.com, Minggu (25/2/2018). 

Usahanya bermain sebagai striker pun membuahkan hasil. Pemain berdarah Belanda itu sukses menyumbang satu gol (30’) dalam laga yang berkesudahan 1-1 di waktu normal tersebut. Itu merupakan gol perdananya untuk Madura United. 

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Maitimo bermain sebagai striker. Sebelumnya dia juga kerap menjadi andalan di lini depan saat masih berseragam Persib Bandung di Liga 1 musim lalu. Dia pun menjadi sebagai top scorer Persib dengan koleksi 9 gol. 

Namun, nampaknya permainan yang diinginkan oleh Maitimo di Madura United masih belum terwujud. Sebab, golnya pun tidak lahir dari umpan terobosan. Slamet Nucahyo yang memberikan assiste mengirimkan umpan biasa yang kemudian diolah sendiri oleh Maitimo. 

Di laga tersebut, tidak banyak umpan terobosan yang dilakukan oleh pemain Madura United. Sebab, beberapa through pass yang mereka coba justru berbuah offside. Mereka nampak kesulitan untuk menembus barisan pertahanan Persebaya. 

“Saya selama ini berusaha bermain cepat dan melakukan penetrasi ke depan. Saya mencari posisi yang pas untuk cetak gol. Itu nanti bisa dilakukan dengan latihan,” ujar pemain bernomor punggung 9 di Madura United itu.

Sayang, debutnya sebagai striker di Madura United tidak berbuah manis. Timnya hanya bermain imbang di waktu normal. Saat berlanjut ke babak adu penalti pun, Laskar Sape Kerrab kalah 4-5 dari Persebaya.

Video Populer

Foto Populer