Sukses


Persiapan Piala AFC U-19 2018: Malaysia Membangun Mental Juara di Jepang

Bola.com, Kuala Lumpur - Timnas Malaysia U-19 bersiap terbang ke Fukuoka, Jepang, untuk mengikuti turnamen The Sanix Cup International Youth Soccer. Turnamen yang diikuti Rusia, Korea Selatan, Taiwan, tuan rumah Jepang, dan klub lokal ini digelar pada 15-18 Maret 2018.

Timnas Malaysia U-19 menggunakan turnamen ini sebagai satu di antara persiapan menjelang Piala AFC U-19 2018 yang dijadwalkan diputar di Indonesia, 18 Oktober-4 November 2018.

Saat ini Timnas Malaysia U-19 proyeksi Piala AFC U-19 masih dalam masa pemusatan latihan di Wisma FAM, Kelana Jaya. Mereka akan bergeser ke Johor Baru untuk menjalani TC tahap kedua dari 5-22 Maret 2018.

Seperti dilansir dari The Star, Sabtu (3/3/32018), pelatih Timnas Malaysia U-19, Bojan Hodak, hanya menyisakan dua pemain langganan timnas dalam tim asuhannya yang saat ini yang berjumlah 27 pemain. Dua pemain itu adalah A. Shivan Pillay and Hadi Fayyadh Abdul Razak.

Praktis, skuat The Young Tigers dihuni wajah-wajah baru. Nantinya, Bojan akan memangkas tim menjadi 22 pemain sebelum terbang ke Fukuoka pada Senin (12/3/2018).

Bojan Hodak menjelaskan apa yang menjadi tujuannya dengan membawa tim asuhannya menjalani turnamen di Fukuoka.

"Setiap pertandingan itu penting, pemain akan menjadi lebih baik dengan lebih banyak kemenangan. Saya tak ingin memberi banyak tekanan pada mereka, tapi harapannya, memenangi setiap pertandingan," ujarnya.

"Hal itu jadi cara membangun mental juara dan ini jadi hal penting untuk masa mendatang. Jika itu dimulai dari sekarang, akan memudahkan di kemudian hari," imbuh pelatih asal Kroasia itu.

 

2 dari 2 halaman

Kembali Bersua Indonesia?

Bojan Hodak berujar Sanix Cup juga bisa memberinya kesempatan untuk mencermati pemain-pemain lain yang bisa menghuni skuat inti untuk Piala AFC U-19.

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Muhammad Iqbal, berusaha melewati pemain Malaysia U-19 pada laga Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Stadion Public, Paju, Senin (6/11/2017). Indonesia kalah 1-4 dari Malaysia. (AFP/Kim Doo-Ho)

Deretan pemain-pemain "wajah baru" ini belum sempat dilihat kemampuannya oleh pelatih berkepala botak itu saat kualifikasi Piala AFC u-29 di Paju, Korsel, November 2017 karena mereka masih terlibat di ASEAN School Games dan ada pula yang sedang menjalani ujian.

Di sisi lain, Timnas Malaysia U-19 bisa saja akan kembali bersua Timnas Indonesia U-19 di Piala AFC U-19 2018. Pasalnya, Indonesia sebagai tuan rumah, tergabung dalam pot A sedangkan Malaysia ada di pot 4.

Timnas Malaysia U-19 lolos ke putaran final Piala AFC U-19 dengan menyabet dari lima tiket runner-up terbaik. Di fase penyisihan Grup F, Malaysia yang satu grup dengan Indonesia, mengalahkan Egy Maulana Vikri dkk. dengan skor 4-1.

Video Populer

Foto Populer