Sukses


Luapan Kegembiraan Pelatih Timnas Filipina Setelah Lolos ke Piala Asia 2019

Bola.com, Manila - Timnas Filipina mencetak sejarah dengan lolos ke Piala Asia untuk kali pertama. Filipina akan bermain di Piala Asia 2019 setelah jadi juara Grup F putaran ketiga kualifikasi. Pencapaian ini membanggakan sang pelatih, Thomas Dooley.

"Saya hanya ingin mengatakan satu hal, ini adalah tim terbaik yang kami miliki, ini pelatnas terbaik yang kami miliki selama empat tahun terakhir. Energi, spirit di pemusatan latihan luar biasa, semuanya positif," kata Dooley seperti dikutip dari Spin, Selasa (27/3/2018).

"Seperti itulah tim yang sebenarnya. Semua bekerja. Ini luar biasa. Saya tak melihat satu pun pemain dalam mood jelek. Seluruhnya tertawa, berenergi, fokus. Luar biasa. Kami bicara hal itu sebelum pertandingan. Jika Anda positif, Anda tak akan kalah," imbuh pelatih asal Amerika Serikat itu.

"Mereka ini orang-orang yang membuat sejarah, mereka ini pemain terbaik yang kami miliki sekarang ini di Filipina. Saya sangat, sangat bangga dengan mereka," lanjut pelatih yang menangani Timnas Filipina sejak 2014 itu.

Timnas Filipina sebenarnya hanya butuh hasil imbang di laga terakhir kualifikasi kontra Tajikistan untuk memastikan lolos ke Piala Asia 2019.

Namun, Neil Etheridge dkk. mampu menang 2-1 lewat gol Kevin Ingreso menit ke-74 dan penalti Philip Young Husband menit ke-91. Takijstan, sempat lebih dulu unggul lewat gol Nazarov Akhtam menit ke-68.

The Azkals lolos ke putaran final Piala Asia 2019 sebagai juara Grup F bersama tim runner-up, Yaman.

Secara khusus, Timnas Filipina jadi satu di antara wakil Asia Tenggara (ASEAN) di Piala Asia 2019. Tim lain adalah Vietnam dan Thailand.

Namun, jika konteksnya federasi, AFF yang jadi Federasi Sepak Bola ASEAN, mengirim empat tim ke turnamen sepak bola terakbar di Asia itu. Selain tiga tim di atas, ada pula Australia yang juga merupakan anggota AFF. 

Highlights Pertandingan Terakhir Babak Grup Piala Menpora 2021

Video Populer

Foto Populer