Sukses


Persebaya Terancam Denda Rp 15 Juta akibat Jumpa Pers

Bola.com, Lamongan - Persebaya Surabaya menghadirkan pelatih Angel Alfredo Vera dan bek Arthur Irawan dalam pre-match press conference sehari jelang melawan Persela Lamongan (29/3/2018). Namun, Arthur rupanya tidak diturunkan dalam pertandingan pekan kedua Liga 1 2018 di Stadion Surajaya, Lamongan (30/3/2018). 

Bahkan, eks pemain Persija itu juga tidak masuk dalam daftar susunan pemain di laga tersebut. Hal ini pun sangat berdampak negatif bagi Persebaya yang terancam sanksi berupa denda. Itu didasarkan pada Pasal 38 Ayat 2 Regulasi Go-Jek Liga 1 2018 yang berbunyi: 

“Pelatih kepala dan 1 orang pemain yang masuk dalam starting player dari masing-masing tim yang bertanding wajib hadir dan berpartisipasi dalam pre-match press conference."

"Media Officer dari kedua klub yang bertanding harus memastikan kehadiran pelatih kepala dan pemain dalam pre-match press conference. Tidak diperbolehkan untuk menghadirkan personil lain dalam pre-match press conference.”

Pelanggaran yang dilakukan oleh Persebaya merujuk pada kalimat terakhir ayat tersebut. Ancaman sanksi berupa denda terhadap pelanggaran ini dijabarkan dalam Ayat 4 dengan menyebutkan nominal Rp 15 juta.

 

2 dari 2 halaman

Penjelasan Persebaya

Manajer Persebaya, Chairul Basalamah menjabarkan alasan di balik absennya Arthur. Menurutnya, pemain kelahiran Surabaya itu sedang dalam kondisi kurang fit sehingga tidak mungkin diturunkan. 

“Dia pulang, kemudian latihan, kemudian sakit. Hari ini tidak kami bawa karena sakit. Dia kemarin official training juga tidak ikut. Kalau press conference tapi hari ini nggak bisa hadir mau bagaimana lagi,” katanya usai pertandingan. 

Sesuai dengan regulasi itu, ancaman sanksi bakal menghampiri Persebaya dalam waktu dekat. Namun, Chairul berniat untuk mengirim surat mengenai permasalahan ini. 

“Kami berpikir buat apa memaksakan memainkan pemain sakit, mudah-mudahan dia segera fit. Dia kurang enak badan saja. Kami akan berkirim surat mengenai itu. Kalau kami melihat tidak masalah,” imbuh Chairul. 

Sanksi yang akan didapat oleh Persebaya memang belum akan benar-benar terjadi. Sejauh ini, belum ada solusi jika terjadi force majeur pemain yang tidak bisa tampil karena sakit namun ikut jumpa pers sebelum pertandingan. 

Hal berbeda pun jelas dilakukan oleh tim tuan rumah Persela. Klub berjulukan Laskar Joko Tingkir itu menghadirkan pelatih kepala, Aji Santoso, dan kapten tim Birrul Walidain. Bek asli Lamongan itu juga bermain selama 90 menit dalam laga yang berkesudahan 1-1 itu.

Video Populer

Foto Populer