Sukses


Barisan Kiper Arema Dapat Porsi Latihan Lebih Berat Jelang Menjamu Persib

Bola.com, Malang - Pekan keempat Gojek Liga 1 bersama Bukalapak bakal jadi pertaruhan reputasi Arema FC. Sebab, mereka masih belum memetik kemenangan. Kini tim berjulukan Singo Edan itu harus menjamu tim kuat, Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (15/4/2018).

Menjelang duel tersebut, posisi kiper menjadi satu di antara fokus utama pembenahan Arema karena dalam tiga pertandingan, gawang Arema sudah kebobolan tujuh gol.

Imbasnya, empat kiper yang ada mendapatkan porsi latihan lebih berat dari pelatih kiper Ricardo Navaro Passos. Hal itu diungkap kiper Arema, Utam Rusdiana.

"Menjelang pertandingan melawan Persib, memang porsi latihan kiper lebih berat karena kami jadi sorotan setelah tiga pertandingan ini. Semoga melawan Persib gawang Arema tidak kebobolan dan bisa memenangi pertandingan," kata kiper 23 tahun asal Sidoarjo, Jawa Timur, ini.

Selama persiapan, ada satu materi yang terus diulang oleh pelatih kiper, yaitu mengasah ketangkasan untuk mengamankan umpan tarik dari pemain sayap lawan baik bola mendatar ataupun bola atas.

"Selama ini beberapa gol lawan lahir dari umpan sayap. Itu yang jadi titik lemah dan sekarang terus diperbaiki," imbuh Utam.

Seluruh kiper Arema diharapkan bisa mengamankan umpan tarik dari sektor sayap. Bukan hanya sekadar menepis bola, tetapi juga harus bisa menangkapnya.

 

2 dari 2 halaman

Persaingan Sengit

Selain itu, Utam dkk. diwajibkan selalu berkoordinasi dengan barisan pertahanan dan juga mendapatkan latihan akurasi umpan jauh. Mereka dilibatkan untuk melakukan serangan balik cepat setelah menghentikan serangan lawan.

Di sisi lain, persaingan untuk jadi kiper utama Arema saat ini sangat sengit. Utam, yang dipilih sebagai kiper utama, tampil bagus meski mengalami kekalahan di kandang Borneo FC pekan lalu.

Kiper Arema, Utam Rusdiana (tengah), banjir pujian dari Aremania. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Sedangkan Kartika Ajie, yang sempat jadi pilihan utama dalam dua pertandingan awal, juga sudah pulih dari cedera. Selain itu, dua kiper lain, Joko Ribowo dan Tedy Heri, juga tidak ingin kalah menunjukkan kualitas dalam sesi latihan.

"Siapa pun yang dipercaya nanti, yang penting bisa membantu Arema untuk menang karena itu bisa membuat mental semua pemain lebih bagus. Apalagi sekarang tim baru saja menjalani pemusatan latihan di Batu. Semoga bisa membuahkan kemenangan pertama," tegas Utam.

Arema sekarang ini berada di urutan kedua dari bawah klasemen sementara Liga 1 dengan satu poin. Sementara Persib ada di posisi kedelapan dengan nilai empat. Hal ini berarti Arema harus meraih kemenangan untuk bisa menyamai poin Persib dan bisa mendongkrak posisi.

Video Populer

Foto Populer