Sukses


3 Calon Pemain Senior Timnas Indonesia U-23 di Anniversary Cup

Jakarta Timnas Indonesia U-23 akan turun dalam turnamen Anniversary Cup, 27 April-3 Mei 2018. Sebanyak empat negara bakal berpartisipasi pada perhelatan ini.

Uzbekistan, Korea Utara, dan Bahrain akan bersaing melawan Timnas Indonesia U-23. Turnamen ini digelar dalam rangka merayakan ulang tahun PSSI yang ke-66 pada 19 April, sekaligus sebagai kegiatan test event mandiri Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Sebelum terjun, Timnas Indonesia U-23 bakal menggelar pemusatan latihan (training centre) selama tiga hari. Mulai 23-26 April di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta Pusat.

"TC dimulai 23 April 2018. Untuk pemain yang akan dipanggil, kemungkinan sama seperti saat melawan Singapura U-23 (TC ketiga)," ujar asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Bima Sakti Tukiman, lewat pesan singkat kepada Liputan6.com.

Sebagai persiapan bertanding di Asian Games, Timnas Indonesia U-23 bakal memanggil tiga pemain senior. "Mungkin ada tiga pemain senior dalam TC nanti," kata Bima.

Setiap negara boleh menggunakan tiga pemain pada cabang olahraga (cabor) sepak bola di Asian Games. Oleh sebab itu, Timnas Indonesia U-23 bakal memanfaatkan peraturan tersebut untuk diuji cobakan di turnamen Anniversary Cup.

Liputan6.com coba merangkum tiga pemain senior yang kemungkinan membela Timnas Indonesia U-23 di Anniversary Cup. Berikut sajiannya:

2 dari 4 halaman

Andritany Ardhiyasa

Andritany Ardhiyasa merupakan salah satu kandidat terkuat untuk mengisi slot pemain senior di Timnas Indonesia U-23. Dalam tiga bulan terakhir, kiper Persija Jakarta tersebut dua kali dipanggil.

Pertama, Andritany termasuk ke dalam 24 pemain Timnas Indonesia sewaktu berhadapan dengan Islandia pada Januari 2018. Lalu, pemain berusia 26 tahun tersebut diikutsertakan oleh pelatih Luis Milla Aspas pada TC tahap kedua Timnas Indonesia pada Februari 2018.

Kala itu, Andritany menjadi salah satu dari empat pemain senior yang ada dalam skuad berjuluk Garuda Muda itu. Personil lainnya ialah Muhammad Ridh0 (kiper), Nelson Alom (gelandang), dan Ilija Spasojevic (penyerang).

Andritany merupakan kiper pilihan utama Milla di skuad senior Timnas Indonesia. Menilik dari seringnya mantan kiper Sriwijaya FC tersebut menghuni Garuda Muda, bukan tidak mungkin sosoknya bakal kembali dipercaya di turnamen Anniversary Cup.

3 dari 4 halaman

Fachrudin Aryanto

Kans Fachrudin Aryanto untuk masuk skuad Timnas Indonesia U-23 sangat besar. Sebab saat ini, Garuda Muda tengah kehilangan dua bek tengah.

Hansamu Yama dan Rachmat Irianto sedang mengalami cedera. Mau tidak mau, Milla bakal memanggil pemain senior untuk posisi belakang.

Hansamu menjadi satu dari dua bek senior yang membela Timnas Indonesia saat menghadapi Islandia. Pemain lainnya ialah Victor Igbonefo.

Belum bermainnya Igbonefo bersama Persib Bandung pada musim ini membuat Fachrudin tidak memiliki pesaing untuk berseragam Timnas Indonesia U-23 di Anniversary Cup. Pengalaman serta kualitasnya dapat diandalkan Milla untuk membimbing Andy Setyo maupun Bagas Adi di jantung pertahanan.

4 dari 4 halaman

Ilija Spasojevic

Satu slot pemain senior Timnas Indonesia U-23 hampir pasti milik Ilija Spasojevic. Pemain Bali United itu merupakan langganan Garuda Muda sejak dinaturalisasi pada tahun lalu.

Tapi, Spasojevic tengah di bawah performa. Dalam tiga partai di Liga 1, penyerang berusia 30 tahun tersebut masih kering gol.

Meski begitu, pencapaian tersebut nampaknya tidak terlalu mempengaruhi peluang Spasojevic berkostum Timnas Indonesia U-23. Pasalnya, eks Bhayangkara FC ini tidak memiliki saingan bomber lokal kecuali Lerby Eliandry (Borneo FC).

Menyoal Lerby, Milla baru sekali memanggil pemain berusia 26 tahun tersebut pada tahun ini. Saat skuad Timnas Indonesia senior beruji tanding melawan Isladia, penghuni lini depan diisi oleh Lerby dan Boaz Solossa.

 

Sumber: www.liputan6.com

APSSI Usulkan Pra-Musim Selama 2 Bulan Sebelum Liga Indonesia Kembali Bergulir

Video Populer

Foto Populer