Sukses


Deretan Supersub dalam 4 Pekan Pertama Liga 1 2018

Bola.com, Jakarta - Setiap tim yang bertanding di Liga 1 2018 selalu menampilkan para pemain terbaik menurut sang pelatih sebagai pemain inti. Namun, tidak sedikit pemain yang tidak mendapatkan kesempatan untuk bermain sejak awal laga mampu memperlihatkan kontribusi yang juga besar saat diminta untuk masuk lapangan di babak kedua.

Masuknya tiga pemain cadangan sebagai pengganti di setiap pertandingan selalu terjadi dengan beragam alasan yang dipikirkan pelatih tim. Menyegarkan tim yang sedang bermain dengan kehadiran pemain yang masih segar di babak kedua mungkin adalah alasan yang paling sering diungkapkan oleh para pelatih.

Namun, tidak sedikit pula pemain pengganti masuk ke lapangan karena kebutuhan mendesak tim tersebut karena adanya pemain inti mereka yang mengalami cedera saat bertanding. Untuk yang satu ini, jelas merupakan alasan yang paling tidak disukai oleh pelatih karena harus kehilangan jatah pergantian yang dibutuhkan sesuai strateginya.

Bicara strategi, pergantian pemain memang merupakan satu evaluasi tercepat yang dilakukan oleh seorang pelatih ketika timnya sedang bertanding. Membaca arah permainan dan bermaksud memperbaiki atau meningkatkan kualitas permainan timnya, tiga pergantian pemain kerap dilakukan oleh pelatih.

Tak jarang strategi pergantian pemain itu menjadi sebuah solusi dari permainan yang buntu. Banyak pemain yang masuk di babak kedua mampu mengubah arah permainan timnya yang berakhir dengan kemenangan atau terhindar dari kekalahan.

Tiga pemain supersub tergolong berhasil menyelamatkan timnya dari kekalahan atau membawa timnya meraih kemenangan dalam empat pekan pertama Liga 1 2018. Namun, ada pula supersub yang masuk ke dalam pertandingan dan memberikan kontribusi besar tapi gagal membawa timnya meraih kemenangan.

Bola.com pun memilih sejumlah pemain yang dalam empat pekan pertama Liga 1 2018 sempat membela timnya dengan menjadi pemain pengganti yang masuk di babak kedua. Siapa saja mereka?

2 dari 5 halaman

David da Silva

Striker asing Persebaya Surabaya ini sekarang sudah bukan lagi berstatus supersub. Namun, sebelum mencetak hattrick dan memberikan satu assist saat Persebaya menang 4-1 atas PS Tira, David da Silva sempat menjadi supersub di laga pekan kedua Liga 1 2018.

David da Silva memang mendapatkan debut bersama Persebaya ketika tim berjulukan Green Force itu menjalani laga tandang ke Lamongan untuk menghadapi Persela.

Sesaat setelah striker asing asal Brasil itu masuk pada menit ke-56, Persebaya tertinggal 0-1 setelah tim tuan rumah berhasil menjebol gawang Miswar Saputra pada menit ke-58.

Namun, David da Silva mampu membayar kepercayaan yang diberikan oleh Angel Alfredo Vera. Pemain yang berpengalaman berkarier di sejumlah negara di Timur Tengah itu akhirnya langsung mencetak gol debut pada menit ke-70 setelah mendapatkan umpan dari Yohanis Pahabol.

Pertandingan tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1 dan Persipura pulang dengan membawa satu poin. Penampilan debut David da Silva pun mulai mendapatkan perhatian dari Alfredo Vera.

Setelah itu, pelatih asal Argentina tersebut memberikan kepercayaan kepada David da Silva untuk menjadi starter di laga kontra Barito Putera dan PS Tira.

Saat menghadapi Barito Putera, di mana Persebaya kalah di hadapan Bonek, David ditarik keluar di babak kedua. Namun, saat menghadapi PS Tira, pemain kelahiran Sao Paulo itu bermain penuh setelah mencetak hattrick dan menciptakan satu assist.

3 dari 5 halaman

Bayu Gatra

Pemain sayap milik Madura United ini mungkin bisa disebut sebagai supersub paling istimewa dalam empat pekan pertama Liga 1 2018. Dalam empat pertandingan pertama Madura United di kompetisi sepak bola kasta tertinggi, Bayu Gatra selalu mendapatkan kesempatan bermain. Hanya saja semua didapatnya dari bangku cadangan.

Dalam empat pertandingan yang sudah dijalani, Madura United dua kali meraih kemenangan. Dalam dua laga yang berakhir dengan tiga poin itu, Bayu Gatra tampil sebagai supersub yang mengantar Laskar Sapeh Kerrab menang.

Kemenangan pertama Madura United terjadi saat menjamu Barito Putera di Stadion Pamekasan pada 26 Maret 2018. Sebelum Bayu Gatra masuk lapangan, kedua tim dalam kondisi imbang 1-1. Keputusan pelatih Madura United, Milomir Seslija, untuk memasukkan Bayu Gatra pada menit ke-76 seakan menjadi titik balik pertandingan.

Bayu Gatra masuk menggantikan Alfath Fathier dalam pertandingan itu. Satu yang menarik, pemain kelahiran Jember itu hanya butuh waktu dua menit untuk membawa Madura United unggul lagi sebelum Greg Nwokolo melengkapi kemenangan menjadi 3-1.

Kehebatan Bayu Gatra sebagai supersub berlanjut di laga kandang pada pekan ketiga saat Madura United menjamu Sriwijaya FC. Madura United kesulitan untuk bisa mencetak gol hingga Bayu Gatra masuk pada menit ke-66.

Setelah Fabiano Beltrame mencetak gol pertama Madura United pada menit ke-83, Bayu Gatra membantu Zah Rahan Kranggar mencetak gol kedua Laskar Sapeh Kerrab dengan umpan yang sangat baik pada menit ke-85.

Tak sampai di situ, Bayu Gatra akhirnya menorehkan namanya di papan skor pada masa injury time. Zah Rahan seakan membalas bantuan Bayu Gatra dengan memberikan assist kepada pemain berusia 26 tahun itu yang sukses mengantar Madura United menang 3-0.

4 dari 5 halaman

Ronaldo Rubener Wanma

Pemain muda milik Persipura Jayapura ini merupakan calon bintang baru di lini depan Mutiara Hitam. Ronaldo Rubener Wanma baru musim ini masuk dalam skuat Persipura senior setelah pada musim lalu berhasil mengantarkan Persipura U-19 menjadi juara Liga 1 U-19 2017.

Hingga pekan keempat Liga 1 2018, Ronaldo Rubener Wanma sudah mendapat kepercayaan dari pelatih Persipura, Peter Butler. Dari empat laga yang sudah dijalani Persipura, Ronaldo hanya absen dalam pertandingan kontra Barito Putera.

Selain itu, dalam tiga pertandingan yang sudah dimainkannya di Liga 1 2018, Ronaldo sempat mendapatkan kepercayaan menjadi starter saat Persipura menghadapi PS Tira pada pekan ketiga.

Hal tersebut tak lepas dari penampilan cemerlang ketika menjadi pemain pengganti di laga pertama Liga 1 2018 kontra Persela.

Bermain di Stadion Mandala Jayapura, Ronaldo masuk lapangan pada menit ke-61 untuk menggantikan striker asal Brasil, Marcel Sacramento. Saat itu kedudukan antara Persipura dan Persela imbang 1-1.

Masuknya Ronaldo Rubener Wanma akhirnya memastikan Tim Mutiara Hitam menang atas tamunya. Pemain muda berusia 20 tahun itu sukses mencetak gol kemenangan buat timnya pada menit ke-75.

Gol tersebutlah yang membuat dirinya mendapat kesempatan dari Butler menjadi starter di laga kontra PS Tira, di mana ia bermain selama 56 menit sebelum digantikan oleh Marcel Sacramento.

5 dari 5 halaman

4 Supersub yang Gagal Selamatkan Timnya

Selain tiga pemain berstatus supersub yang sukses membawa timnya meraih kemenangan atau setidaknya menyelamatkan timnya dari kekalahan, masih ada empat pemain lain yang sukses membantu timnya meraih angka setelah masuk sebagai pemain pengganti. Sayang, keempat pemain itu tak berhasil membawa timnya meraih kemenangan.

Sugeng Efendi menjadi supersub bagi Persela Lamongan pada pekan pertama Liga 1 2018 saat tim berjulukan Laskar Joko Tingkir itu bertandang ke Jayapura untuk menghadapi Persipura. Sugeng Efendi masuk pada menit ke-60 menggantikan Fahmi Al Ayyubi saat Persela tertinggal 0-1.

Baru masuk, Sugeng Efendi langsung mencetak gol yang membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 setelah mendapatkan umpan dari Shohei Matsunaga. Sayang, Persela akhirnya tetap kalah karena gol supersub Persipura Jayapura, Ronaldo Rubener Wanma pada menit ke-75.

Masuk ke pekan kedua Liga 1 2018, ada Suhandi yang menjadi supersub ketika PSMS Medan menjamu Bhayangkara FC di Stadion Teladan, Medan. Dalam kondisi tertinggal 0-2 dari tim tamu, Djadjang Nurdjaman pun menarik keluar Erwin Ramdani untuk memasukkan Suhandi pada menit ke-47.

Pemain kelahiran Bandung itu pun berhasil membayar kepercayaan dari Djadjang Nurdjaman dengan mencetak gol pada menit ke-64. Namun, gol tersebut menjadi yang terakhir dalam pertandingan tersebut dan PSMS pun kehilangan poin di laga kandang.

Beralih ke pekan ketiga Liga 1 2018, giliran penyerang sayap PSM Makassar, Zulham Zamrun, yang layak disebut supersub saat masuk lapangan sebagai pemain pengganti di laga kontra Persela Lamongan di Stadion Andi Mattalatta.

Zulham Zamrun masuk pada menit ke-62 menggantikan Muhammad Rachmat saat PSM tertinggal 1-3 dari Persela. Hanya 15 menit bermain, Zulham pun akhirnya memastikan dirinya mencatatkan namanya di papan skor untuk memperkecil ketertinggalan PSM. Sayangnya, gol Zulham itu pun menjadi gol terakhir dalam pertandingan tersebut yang membuat PSM kehilangan poin di kandang.

Berlanjut ke pekan keempat Liga 1 2018, ada Dimas Drajad yang juga layak disebut supersub ketika PS Tira menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Sultan Agung, Bantul. Dimas Drajad masuk pada akhir babak pertama saat PS Tira tertinggal 0-2.

Dimas Drajad masuk menggantikan Firmansyah pada menit ke-44. Namun, tak lama setelah dirinya masuk, Persebaya justru menambah keunggulan menjadi 3-0 sebelum babak pertama berakhir.

Persebaya membuat keunggulan menjadi 4-0 pada menit ke-70. Namun, Dimas Drajad berhasil menciptakan gol hiburan bagi PS Tira pada menit ke-82. Sayangnya, gol tersebut menjadi satu-satunya gol bagi The Young Warriors dalam pertandingan itu.

Video Populer

Foto Populer