Sukses


Luciano Leandro Pendam Hasrat Kembali ke Indonesia

Bola.com, Makassar - Setelah kontraknya tidak diperpanjang oleh PSM Makassar pada 2016, Luciano Leandro menjadi Direktur Teknik klub Seri C Brasil, Macae Esporte. Mantan gelandang PSM Makassar dan Persija Jakarta ini juga banyak menghabiskan waktunya untuk keluarga dan mengurus bisnis hotelnya.

Meski begitu, Luciano masih memendam hasrat untuk menangani klub Indonesia. "Bagi saya, Indonesia adalah negara kedua. Saya mencintai sepak bola Indonesia seperti Brasil," ujarnya kepada Bola.com, Jumat (20/4/2018).

Luciano mengaku intens mengikuti pemberitaan sepak bola Indonesia lewat internet. "Saya yakin suatu saat akan kembali ke Indonesia," kata Luciano yang membawa PSM jadi runner up Liga Indonesia 1995/1996 dan bersama Persija menjuarai Liga Indonesia 2000/2001 ini.

Meski disibukkan aktivitasnya yang padat, Luciano tetap menambah ilmu kepelatihannya. Pada 30 Mei-16 Juni, dia akan mengikuti kursus lisensi A Pro CBF (federasi Sepakboal Brasil).

"Pemegang lisensi ini sudah bisa menangani klub Seri A Brasil dan luar negeri. Tidak banyak pelatih di Brasil yang bisa mengikuti kursus ini. Karena persyaratannya ketat dan biayanya mahal," terang salah satu gelandang terbaik yang pernah beredar di kompetisi Indonesia ini.

Luciano menambahkan  keikutsertaannya mengikuti kursus tertinggi di CBF ini berkat sepak bola Indonesia juga.

"Saya memenuhi persyaratan peserta karena pernah melatih di Indonesia. Surat rekomendasi juga dikeluarkan oleh PSSI. Saya berterima kasih ke Pak Joko Driyono (Plt Ketua Umum PSSI) yang telah membantu saya. Semoga saya bisa mengikuti kursus dengan lancar," tutur Luciano Leandro.

Video Populer

Foto Populer