Sukses


4 Panduan Nonton Langsung Piala AFC Tampines Rovers Vs Persija di Singapura

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta akan melakoni laga terakhir kualifikasi Grup H AFC Cup 2018 di kandang Tampines Rovers, Selasa (24/4/2018). Kans anak asuh Stefano Teco untuk lolos dari fase grup cukup terbuka lebar. Macan Kemayoran hanya perlu meraih kemenangan dari tuan rumah saat berlaga di Stadion Jalan Besar, Singapura.

Kemenangan akan memastikan Persija menutup perjalanannya di fase grup AFC Cup 2018 sebagai jawara Grup H dengan raihan 13 poin. Apapun hasil yang diraih Song Lam Nghe An saat menjamu Johor Darul Ta’zim, tidak akan memengaruhi klasemen akhir grup.

Untuk bisa mewujudkan ambisi lolos tersebut, Ismed Sofyan dkk perlu dukungan All Out dari The Jakmania. Sebagai supporter setia, The Jak tentu tidak akan membiarkan tim kebanggaan bertanding sendirian di markas Tampines Rovers.

Dalam dua lawatan tandang terakhirnya, kontra Johor Darul Ta’zim dan Song Lam, The Jak hadir di stadion lawan memberikan semangat kepada Macan Kemayoran.

Animo The Jakmania untuk awayday ke Singapura sangat tinggi. Diperkirakan, jumlah The Jak yang akan awayday ke Singapura bakal melebihi saat tandang ke Johor.

Nah, bagi The Jakmania maupun pendukung Persija lainnya yang berniat awayday, Bola.com akan memberikan panduan yang bisa bermanfaat bagi kalian.

Belum lama ini, jurnalis kami sempat menyempatkan waktu menengok stadion yang juga menjadi kandangnya Timnas Singapura tersebut. Berikut beberapa hal penting yang perlu diketahui:

2 dari 5 halaman

1. Siapkan Paspor dan Berbutu Tiket Pesawat Murah

Bagi kalian yang berniat awayday ke Singapura, kalian wajib memiliki passpor. Jika belum memiliki dokumen resmi perjalanan ini, kalian dipastikan tidak akan diberikan izin keluar dari Indonesia.

Proses pembuatan paspor sejak 2017 pendaftarannya dilakukan secara online. Baru setelah melalui tahapan verifikasi awal, Anda akan diberikan jadwal penyerahan dokumen.

Jika menilik waktu pertandingan yang tinggal hitungan hari, sepertinya akan sangat sulit bagi fans Persija Jakarta untuk bisa mendapatkan paspor sebelum laga. Namun, bagi kalian yang sudah memiliki paspor, sekarang waktunya berburu tiket pesawat Jakarta-Singapura PP (pulang-pergi).

Ada banyak maskapai yang menawarkan biaya cukup ekonomis terbang ke Singapura. Beberapa maskapai yang berani mematok harga di bawah Rp 500 ribu untuk sekali jalan adalah Lion Air, Scoot, dan Jetstar. Bila beruntung, Anda bisa mendapatkan harga di bawah Rp 500 ribu untuk maskapai Jetstar, biasanya untuk penerbangan paling malam dari Jakarta.

Jika kalian hanya satu malam di Singapura, ada baiknya menggunakan penerbangan Scoot atau Jetstar. Namun, jika berniat bermalam lebih dari 1 malam, Lion Air bisa menjadi alternatif karena memberikan bagasi 20 kilogram secara gratis.

Maskapai Scoot dan Jetstar tidak memberikan layanan bagasi gratis, penumpang harus membayar ekstra. Lamanya penerbangan dari bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang menuju Changi International Airport memakan waktu sekitar 1,5 jam.

3 dari 5 halaman

2. Bandara dan Imigrasi

Setibanya di bandara Changi, Anda akan diminta untuk mengisi formulir kartu imigrasi Singapura.  Formulir ini biasanya dibagikan di pesawat. Namun, saat Bola.com berkunjung ke Singapura, pihak maskapai Lion Air tidak membagikannya.

Tak perlu risau, formulir kartu imigrasi bisa didapat di dalam terminal kedatangan sebelum pintu imigrasi.Setiap pengunjung diwajibkan mengisi formulir tersebut.

Data-data yang harus diisi di antaranya, nama lengkap, nomor paspor, tanggal dan tempat pembuatan paspor, masa berlaku paspor, kewarganegaraan, nama dan nomor pesawat yang ditumpangi, alamat hotel atau penginapan selama di Singapura, dan alamat di Indonesia.

Serahkan paspor dan formulir tersebut kepada petugas imigrasi bandara. Biasanya, petugas akan bertanya, maksud tujuan datang ke Singapura serta apakah ini merupakan kunjungan pertama?

Pintu imigrasi di Terminal 2 bandara Changi, Singapura, akan mengecek kartu imigrasi dan paspor sebelum keluar terminal. (Bola.com/Reza Khomaini)

Teman-teman cukup menjawab singkat dan tegas. Misalnya, saya ke Singapura untuk menonton pertandingan Tampines melawan Persija. Atau, biar mudah, cukup bilang ingin jalan-jalan. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen lain seperti bukti pemesanan tiket pesawat pulang-pergi, penginapan, dan uang secukupnya.

Perlu diketahui, pemeriksaan imigrasi Singapura cukup ketat. Kalian harus teliti soal ketepatan dokumen, misalnya nama di paspor dan KTP atau SIM (apabila diminta), harus sama.

Usai melewati imigrasi, ikuti papan petunjuk untuk keluar terminal atau pengambilan bagasi. Setelah keluar dari terminal, kini waktunya memilih moda transportasi untuk menuju pusat kota atau Stadion Jalan Besar. 

4 dari 5 halaman

3. Transportasi ke Stadion

Ada 3 pilihan transportasi dari bandara menuju pusat kota Singapura. Bus, Taxi, dan Mass Rapid Transit (MRT) atau kereta bawah tanah. Pilihan paling ekonomis, cepat, dan tentu mudah adalah menggunakan MRT. Hanya ada 1 line MRT di Terminal 2 bandara Changi, yakni East West Line (warna hijau).

Kereta bawah tanah ini bisa mengantarkan kita menuju stasiun MRT terdekat dari Stadion Jalan Besar, yakni stasiun MRT Lavender.Biaya yang harus dikeluarkan juga tergolong ekonomis, hanya 2,30 Dolar Singapura atau sekitar Rp 25 ribu untuk sekali jalan. Yang perlu diingat, teman-teman harus mengganti kereta di stasiun MRT Tanah Merah (stasiun kedua dari bandara Changi).

Ikuti papan informasi yang menunjukkan arah stasiun MRT bandara Changi. (Bola.com/Reza Khomaini)

Semua kereta yang berangkat dari bandara Changi, akan berhenti di stasiun MRT Tanah Merah. Penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke pusat kota (jurusan Joo Koon dan Jurong East) atau sebaliknya tujuan stasiun Pasir Ris, diwajibkan mengganti kereta.

Saat di stasiun Tanah Merah, kalian cukup melihat papan jurusan Joo Koon atau Jurong East untuk mengetahui kereta tujuan stasiun Lavender. Dari stasiun MRT Lavender, teman-teman harus menyeberang ke arah Hotel Lavender di jalan Home Road. Jarak Stadion Jalan Besar dari stasiun MRT Lavender hanya sekitar 500 meter.

Bola.com ke Singapura. (Bola.com/Reza Khomaini)

Dari hotel Lavender yang terletak di jalan Home Road, teman-teman cukup berjalan lurus hingga menemui Stadion Jalan Besar yang terletak di jalan 100 Tyrwhitt Road, Singapore 207542.

Jika kalian berencana untuk bermalam di Singapura dan jalan-jalan ke sejumlah objek wisata, ada baiknya jika membeli tiket harian atau one day tourist card. Dengan harga 10 Dolar Singapura atau sekitar Rp 110 ribu, kita bisa menggunakan transportasi publik di Singapura sepuas-puasnya selama satu hari penuh.

Untuk membeli tiket harian ini, teman-teman harus membayar biaya deposit sebesar 10 Dolar Singapura. Uang tersebut akan dikembalikan saat penukaran kartu harian. Tiket ini dapat dibeli di stasiun MRT Changi atau di beberapa stasiun MRT besar lainnya.

5 dari 5 halaman

4. Tiket dan Penginapan

Hingga berita ini diturunkan, Tampines Rovers belum mengeluarkan rilis resmi perihal harga tiket untuk laga melawan Persija Jakarta.

Namun, jika menilik dari beberapa laga kandang terakhir, termasuk saat menjamu Johor Darul Ta’zim dan Song Lam Nghe An, tiket dewasa dibanderol dengan harga 5 Dolar Singapura atau sekitar Rp 53 ribu. Untuk anak-anak hanya 1 Dolar Singapura atau hampir Rp 11 ribu.

Bola.com ke Singapura. (Bola.com/Reza Khomaini)

Untuk akomodasi atau penginapan, biaya menginap di Singapura tergolong mahal jika dibandingkan dengan Jakarta. Harga hotel berbintang 3 atau lebih bisa mencapai Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta lebih per malamnya.

Lokasi hotelnya sendiri bukan di sentral atau pusat kota. Dengan kisaran harga tersebut, teman-teman bisa menemukannya di wilayah Geylang atau sekitar stasiun MRT Aljunied.

Alternatif lain adalah membidik hostel dengan 8 hingga 10 tempat tidur setiap kamarnya. Biaya hostel jauh lebih ekonomis. Rata-rata berkisar antara Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu per malam.

Untuk lebih jelas, simak video berikut ini.

Video Populer

Foto Populer