Sukses


Alasan Riko Simanjuntak Lebih Senang Beri Assist ketimbang Cetak Gol untuk Persija

Bola.com, Jakarta - Pemain sayap mungil yang dimiliki Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, memiliki catatan assist yang cukup baik pada awal Gojek Liga 1 bersama 2018 dan penyisihan grup Piala AFC 2018.

Mantan pemain Semen Padang itu pun mengungkapkan alasannya lebih sering memberikan assist kepada rekan setim ketimbang mencetak gol ketika memiliki peluang.

Sejauh ini Riko Simanjuntak sudah mengemas satu gol di Liga 1 2018 dan total delapan assist di Liga 1 2018 dan fase grup Piala AFC 2018. Marko Simic mencetak tiga gol yang berasal dari assist Riko, sementara Rohit Chand sudah mengemas dua gol yang berawal dari umpan pemain mungil kelahiran Pematangsiantar itu.

Sementara, itu, Jaimerson Xavier, Rezaldi Hehanussa, dan Novri Setiawan adalah tiga pemain lain yang juga sudah mencetak gol setelah mendapatkan assist dari Riko Simanjuntak.

Dalam sejumlah kesempatan, Riko Simanjuntak sebenarnya memiliki kesempatan untuk mencetak gol, seperti ketika membawa bola hingga kotak penalti Tampines dan akhirnya memberikan bola kepada Novri Setiawan untuk mencetak gol. Riko pun mengaku alasannya memberikan umpan kepada rekan setimnya untuk mencetak gol karena itu adalah tugas utamanya.

"Dalam sepak bola itu sudah ada tugasnya masing-masing. Saya pemain sayap, tentu tugasnya melayani striker untuk mencetak gol dengan umpan-umpan silang yang saya lepaskan. Kalau saya punya peluang untuk mencetak gol tentu itu tak menutup kemungkinan saya mencetak gol, tapi yang penting adalah saya melakukan tugas utama saya lebih dulu," ujar Riko Simanjuntak.

Dari delapan assist yang sudah dicetaknya, tiga di antaranya diciptakan Riko Simanjuntak ketika Persija menang 4-2 atas Tampines Rovers di laga terakhir Grup H Piala AFC 2018. Saat itu, Rezaldi Hehanussa, Marko Simic, dan Novri Setiawan benar-benar dilayani oleh Riko Simanjuntak dengan umpan yang manis.

 

 

 

Video Populer

Foto Populer