Sukses


Barito Putera Tempati Papan Atas, Jacksen Tiago Khawatirkan Mental Pemain Muda

Bola.com, Banjarmasin - Pelatih Barito Putera, Jacksen Tiago, enggan jemawa menanggapi keberhasilan timnya menempati posisi papan atas klasemen sementara Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Sebaliknya, pelatih asal Brasil malah mengaku khawatir dengan prestasi yang diraih Laskar Antasari.

"Kompetisi masih panjang. Dinamika dan tantangannya akan terus muncul dalam perjalanan nanti. Kalau bangga, saya pasti bangga. Kalau puas, saya belum puas karena tim ini masih butuh proses pematangan," kata Jacksen.

"Pemain muda kami juga masih minim pengalaman, tapi mereka mau belajar dan bekerja keras. Mereka juga cerdas karena cepat menyerap program pelatih," ia melanjutkan.

Di balik pujian kepada para pemain muda Barito Putera, Jacksen mengaku waswas dengan kesiapan mental mereka mengarungi kompetisi Liga 1. "Secara teknik dan nyali bertanding, mereka bisa bersaing. Yang jadi catatan saya soal mental. Saya tak ingin pencapaian kami saat ini membuat pemain muda jemawa. Jika itu terjadi, kami bisa saja berangsur-angsur merosot lagi," kata mantan pelatih Penang FA.

Barito Putera memiliki beberapa pemain muda berusia di bawah 25 tahun, seperti Paulo Sitanggang, Hansamu Yama Pranata, Gavin Kwan Adsit, Dandi Maulana, M. Rafi, Nazar Nurzaidin.

Jacksen sering menurunkan mereka baik bersama-sama maupun bergantian di skuat utama Barito Putera. "Kita tahu mental pemain muda itu masih rapuh. Jika mereka sedang di atas angin, biasanya terlena. Bila mereka sudah merasa puas, ini bisa berbahaya baik untuk individu maupun tim," tukasnya.

Oleh karena itu, Jacksen tak pernah bosan untuk mengingatkan dan menempa mental pemain muda Barito Putera. "Anak-anak muda kami punya talenta bagus. Karier mereka juga masih panjang. Saya tak ingin mereka jadi pemain karbitan. Mereka harus melalui proses pematangan dengan baik agar kariernya panjang," ia memungkasi.

Video Populer

Foto Populer