Sukses


Persija 4 Kali Kalah Beruntun, Konsentrasi Pemain Jadi Sorotan

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta tercatat mengalami empat kekalahan beruntun selama dua pekan. Hasil itu diraih sejak kalah 2-3 di kandang Home United dalam leg pertama semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018, hingga 0-2 dari Persela Lamongan di pekan kesembilan Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, merasa tiga dari empat kekalahan tersebut disebabkan kurangnya konsentrasi para pemain di awal laga.

Persija kalah 2-3 dari Home United di Singapura pada 8 Mei 2018. Setelah itu, Macan Kemayoran kalah 0-2 dari Madura United di pekan kedelapan Liga 1 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, pada 12 Mei, di mana sejumlah pemain pelapis turun karena Persija menyimpan kekuatan untuk menjalani leg kedua semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 di SUGBK.

Namun, Persija juga kalah 1-3 saat menjamu Home United di Senayan. Tak sampai di situ, Persija juga masih menelan kekalahan 0-2 dari Persela saat bertandang ke Lamongan, di mana sebuah gol kontroversial dicetak pemain Persela, Diego Assis, pada masa-masa krusial.

Kekalahan empat kali beruntun tentu menjadi fenomena buruk Persija setelah performa bagus yang mereka perlihatkan sejak pramusim. Terlebih kekalahan dari Madura United menjadi kekalahan pertama yang dialami Persija di SUGBK pada tahun ini.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, menyebut timnya selalu melakukan evaluasi setiap kali habis bertanding. Bicara soal penyebab empat kekalahan beruntun, pelatih asal Brasil itu menyebut hilang fokus di awal laga menjadi penyebab tiga kekalahan pertama yang sebenarnya sudah diperbaiki di laga kontra Persela.

"Setiap menjalani pertandingan, kami harus melihat apa kekurangan dan kelebihan tim saat itu. Setelah kembali ke latihan, kami harus punya cara untuk memperbaiki kekurangan, seperti saat ini kami fokus untuk mengantisipasi bola mati saat bertahan," ujar Stefano Teco usai latihan Persija, Rabu (22/5/2018) malam.

"Dari tiga pertandingan sebelum di Lamongan, para pemain kehilangan konsentrasi di menit-menit awal yang menyebabkan terciptanya gol cepat dari lawan. Kami pun mengevaluasi hal tersebut dan memperbaikinya di Lamongan. Sayang, kami tetap tidak bisa mendapatkan hasil yang bagus saat menghadapi Persela," lanjutnya.

Persija kini akan menghadapi Persipura Jayapura di pertandingan pekan ke-10 Liga 1 2018 yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat (25/5/2018). Menghadapi Persipura yang merupakan pemuncak klasemen sementara saat ini dan baru saja meraih kemenangan besar 6-0 atas Madura United di laga terakhir mereka, badai untuk Persija tampaknya belum akan berlalu.

 

Video Populer

Foto Populer