Sukses


Prediksi PSM Vs Persebaya: Duel Tim Berkarakter Menyerang

Bola.com, Makassar - PSM Makassar dan Persebaya Surabaya sama-sama memburu kemenangan saat berduel pada pekan ke-13 Gojek Liga bersama Bukalapak di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin (AMM), Makassar, Sabtu (9/6/2018).

PSM butuh kemenangan untuk mengamankan posisi di puncak klasemen yang direbut Barito Putera setelah menumbangkan Sriwijaya FC, Jumat malam (8/6/2018). Sedangkan Persebaya mengincar tiga poin untuk mengintip peluang menembus papan atas.

Robert Albert, pelatih PSM, mengungkapkan skuatnya akan menampilkan penampilan berbeda dibandingkan ketika menahan imbang Persipura 1-1 pada pekan ke-12 di Stadion Mandala Jayapura (4/6/2018).

"Di Jayapura, kami fokus mencari poin. Sedang menghadapi Persebaya, kami fokus meraih tiga poin. Jadi, sudah pasti cara bermain kami agak berbeda," jelas Robert.

Menghadapi Persebaya, Robert bisa memainkan seluruh pemain terbaiknya. Termasuk Marc Klok yang sudah terbebas sanksi akumulasi kartu dan Asnawi Mangkualam, yang baru pulang dari pelatnas Timnas Indonesia U-19.

"Hanya Bruce Djite yang absen karena masih menjalani pemulihan cedera otot betis," kata Robert.

Robert mengakui skuatnya masih terkendala penyelesaian akhir pada situasi open play. Itulah mengapa ia peduli anggapan kemenangan PSM lebih banyak tertolong oleh gol mati. "Bagi saya yang terpenting gol bisa terjadi. Apa pun prosesnya," tegasnya.

 

2 dari 3 halaman

Persebaya Antisipasi Keunggulan Bola Mati PSM

Robert merujuk tiga gol terakhir PSM yang tercipta lewat proses sama, yakni tendangan penjuru. Masing-masing dua ke gawang Madura United (30/5/2018) dan satu di gawang Persipura. "Sebagai pelatih yang tentu akan memaksimalkan seluruh potensi di tim," tambahnya.

Kehadiran Klok dan Asnawi membuat Robert lebih leluasa memilih komposisi pemain di lini tengah. Membaiknya penampilan Rasyid Bakri dan determinas tinggi yang selalu diperlihatkan Rizky Pellu, membuat lini tengah PSM kembali dalam kondis terbaiknya.

Situasi ini membuat konsentrasi Wiljan Pluim lebih fokus ke kotak penalti Persebaya bersama Guy Junior dan Saldi.

Duel Persib vs PSM di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Rabu (23/5/2018). (Bola.com/Abdi Satria)

Sebaliknya, penampilan spartan yang diperlihatkan Abdul Rahman pada dua pertandingan terakhir membuat lini belakang PSM sulit ditembus Persebaya.

Di kubu Persebaya, pelatih Angel Alfredo Vera menegaskan skuatnya siap memburu tiga poin di markas PSM. Mantan pelatih Persipura ini mengaku sudah menyiapkan strategi khusus untuk mematikan serangan tuan rumah.

Terutama keunggulan pemain PSM dalam memanfaatkan situasi bola mati. "PSM memang beruntung memiliki pemain dengan postur tinggi untuk memenangkan duel bola atas. Tapi, saya sudah siapkan antisipasinya dan pemain sudah memahaminya," ujar Alfredo.

Secara mental, Alfredo mengungkapkan skuatnya tidak bakal terpengaruh kehadiran suporter PSM yang memadati Stadion AMM. "Saya yakin dengan kemampuan mental pemain. Mereka sudah terbiasa dengan kondisi seperti itu," kata Alfredo.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Kalau rujukannya hasil tandang sementara Persebaya di Liga 1 2018, pernyataan Alfredo itu ada benarnya. Dari enam partai tandang yang sudah dilakoni, Persebaya hanya sekali kali. Selebihnya empat imbang dan sekali menang.

"Kehadiran Bonek membuat kami selalu merasa tampil di kandang sendiri. Kondisi ini membuat Persebaya selalu bermain normal dengan karakter menyerang," ucap Alfredo.

Alfredo mengungkapkan masih menunggu perkembangan terakhir kondisi striker David da Silva. "Kalau dia fit, saya pasti akan memainkannya," katanya,

Kehadiran David, yang memiliki postur tinggi, tentu dibutuhkan Persebaya menghadapi PSM yang memiliki duet bek jangkung, Steven Paulle dan Abdul Rahman.

Prakiraan Susunan Pemain

PSM (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Hasim Kipuw, Abdul Rahman, Steven Paulle, Reva Adi Utama (belakang) Marc Klok, Rizky Pellu, Asnawi Mangkualam (tengah) Wiljan Pluim, Guy Junior, Saldi (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Ruben Sanadi (belakang); Nelson Alom, Misbakus Solikin, Robertino Pugliara (tengah); Oktafianus Fernando, David da Silva, Ferinando Pahabol (depan)

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Video Populer

Foto Populer