Sukses


    Hari Ini, PSSI Pilih Tuan Rumah Piala Dunia 2026

    Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) hari ini dijadwalkan akan ikut memilih tuan rumah Piala Dunia 2026. Pemilihan digelar FIFA di Moskow, Rabu (13/6/2018), waktu setempat. PSSI mengirimkan perwakilan Plt. Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, dan Ratu Tisha (Sekjen PSSI).

    PSSI menjadi satu dari 211 negara anggota FIFA, yang akan memilih di antara Maroko, Amerika Utara (gabungan Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada yang terkenal dengan United 26), atau tidak memilih di antara keduanya. Sebagai catatan, empat negara yang masuk kandidat, tak memiliki hak memilih.

    Jika nanti dalam penghitungan suara akhirnya pilihan terakhir justru yang lebih banyak dipilih, FIFA akan kembali membuka bidding untuk host Piala Dunia 2026.

    Cara pemilihan tuan rumah Piala Dunia yang melibatkan seluruh negara anggota baru kali pertama ini dilakukan. Pada 2010, pemilihan tuan rumah Piala Dunia edisi 2018 saat ini di Rusia, serta 2022 di Qatar, dilakukan Komite Eksekutif FIFA. Cara itu dianggap rawan suap dan perdagangan suara.

    United 26 disebut sebagai kandidat kuat sejak awal pencalonan. Hal itu mengacu pada infrastruktur, yang sesuai penilaian divisi teknis FIFA, dianggap selangkah lebih baik. Sedangkan Maroko disebut masih perlu menyiapkan banyak infrastruktur baru.

    Mayoritas federasi sepak bola masih menyimpan rapat-rapat terkait pilihan mereka. Indonesia, dalam hal ini PSSI, seperti dilansir dari New York Times, Selasa (12/6/2018), masuk daftar 132 negara yang sejauh ini komitmen mereka belum diketahui.

    Namun, ada pula yang sudah terang-terangan menjatuhkan pilihan, seperti federasi di kawasan Amerika Selatan dan Tengah. Ada 17 suara dari wilayah itu yang akan diberikan kepada United 26.

    Sementara Maroko dikabarkan mendapat suara setidaknya 54 suara dari negara di kawasan Benua Afrika, meski ada beberapa negara di Afrika yang masih berpikir ulang.

    Negara yang memenangi lebih dari 50 persen suara, akan langsung dinyatakan FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026. Siapa pilihan PSSI? Tunggu saja.

    Sumber: The New York Times

    Video Populer

    Foto Populer