Sukses


Ditekuk Thailand, Timnas Indonesia U-19 Gagal Jadi Juara Grup A

Bola.com, Sidoarjo - Timnas Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan Thailand setelah kalah 1-2 pada pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (9/7/2018). 

Thailand tampak lebih mendominasi permainan sejak pertandingan dimulai. Sejumlah peluang didapatkan Thailand, namun Aqil Savik masih mampu memperlihatkan kualitas untuk mengantisipasi serangan tim lawan.

Mendapatkan perlawanan yang berbeda dengan empat pertandingan sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 mencoba untuk lepas dari tekanan Thailand. Namun, belum ada ancaman serius yang dilakukan Hanis Saghara Putra dkk. hingga setengah jam permainan.

Thailand akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-40. Sebuah tendangan jarak jauh yang dilepaskan Nattawut Chootiwat dari jarak jauh tak mampu dihalau Aqil Savik. Thailand unggul 1-0 hingga babak pertama usai.

Berlanjut ke babak kedua, Timnas Indonesia U-19 mencoba untuk bangkit dengan hadirnya Witan Sulaeman yang menggantikan Aji Kusuma. Namun, permainan Tim Garuda Nusantara masih tetap berada di bawah tekanan Thailand.

Hasilnya, hanya lima menit setelah babak kedua dimulai gawang Aqil Savik kembali kebobolan. Matee Sarakum mencetak gol kedua Thailand yang dalam posisi tanpa pengawalan, setelah menerima umpan silang. Ia dengan mudah menjebol gawang Indonesia untuk kali kedua.

Tertinggal 0-2 tak membuat semangat Tim Garuda Nusantara mengendur. Todd Rivaldo Ferre dkk. terus berusaha mencari bola dan langsung berinisiatif menyerang ketika memiliki bola. Pelatih Indra Sjafri memasukkan Muhammad Rafli Mursalim untuk menggantikan Hanis Saghara sebagai ujung tombak tim pada menit ke-70.

Timnas Indonesia U-19 akhirnya berhasil menipiskan skor dengan gol yang diciptakan Rifad Marasabessy pada menit ke-83. Berawal dari penetrasi bek kanan Tim Garuda Nusantara itu yang membantu serangan, tanpa lelah Rifad masuk ke kotak penalti menemani Todd Rivaldo Ferre yang tinggal berhadapan dengan kiper Thailand, Nopphon Lakhonphon.

2 dari 2 halaman

Gol Indonesia

Rifad pun berhasil menjebol gawang Thailand setelah mendapatkan bola rebound dari tembakan Todd yang membentur tiang gawang. Bola yang jatuh tepat di kaki Rifad tak disia-siakan untuk membawa Timnas Indonesia U-19 membuka kans lagi meraih poin.

Tim Garuda Nusantara ganti mengurung pertahanan Thailand pada menit-menit terakhir pertandingan. Serangan demi serangan terus dilakukan Tim Garuda Nusantara. Namun, hingga peluit panjang berbunyi kedudukan 2-1 untuk Thailand tak berubah.

Dengan kekalahan di laga terakhir ini, Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2018 sebagai runner-up Grup A. Thailand berhasil naik ke puncak klasemen dengan mengoleksi 13 poin, unggul satu poin dari Tim Garuda Nusantara.

Susunan pemain:

Timnas Thailand U-19 (4-3-3): Nopphon Lakhonphon (kiper); Nakin Wsetchat, Kittitach Pranithi, Sampan Kesi, Anusak Jaiphet (belakang); Nattawut Chootiwat, Kritsana Daokrajai, Thirapak Prueangna (tengah); Sittichok Paso, Matee Sarakum, Suphanat Mueanta (depan)

Pelatih: Ithsara Sritharo

Timnas Indonesia U-19 (4-3-3): Muhammad Aqil Savik (kiper); Kadek Raditya Maheswara, Nurhidayat Haji Haris, David Rumakiek, Muhammad Rifad Marasabessy (belakang); Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, Syahrian Abimanyu, Todd Rivaldo Ferre (tengah); Saddil Ramdani, Aji Kusuma, Hanis Saghara Putra (depan)

Pelatih: Indra Sjafri

Video Populer

Foto Populer