Sukses


Penyandang Disabilitas Ikut Nonton Persebaya Versus Persib

Bola.com, Surabaya - Puluhan penyandang disabilitas datang untuk mendukung Persebaya Surabaya saat menjamu Persib Bandung pada lanjutan Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang ditayangkan Indosiar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis malam (26/7/2018).

Kehadiran mereka disambut hangat Ketua Panpel Persebaya, Wisnu Sakti Buana. Dia ikut mendatangi para penyandang disabitas yang datang dengan menggunakan kursi roda.

Akan tetapi, kedatangan mereka untuk menyaksikan pertandingan terhambat beberapa fasilitas stadion yang belum memadai. Meski terdapat tempat khusus untuk mereka, beberapa fasilitas tidak bisa dipakai. Salah satunya fasilitas lift yang tidak berfungsi dan juga toilet yang tidak ramah dengan difabel.

"Stadion ini sebenarnya sudah dirancang untuk difabel. Sudah ada jalan masuk untuk difabel, karena mereka mendadak datang stadion jadi liftnya belum berfungsi. Jadi tidak ada koordonasi," kata Wisnu.

Wisnu mengatakan puluhan disabilitas ini digendong ke tribune penonton khusus. Dia juga mengakui jika ada beberapa fasilitas stadion yang belum bisa digunakan untuk penyandang disabilitas.

Puluhan penyandang disabilitas datang untuk mendukung Persebaya Surabaya saat menjamu Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (26/7/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

"Ada beberapa fasilitas yang belum bisa digunakan. Nanti akan kami benahi. Ke depan akan kami benahi, baik tolilet maupun jalan hingga menonton di tribune," imbuhnya

Kehadiran mereka tentu saja menambah warna suporter Indonesia. Ini juga bisa membuktikan sepak bola bisa dinikmati berbagai kalangan.

"Kami ingin datang ke stadion untuk menonton bola dengan tenang dan nyaman tapi belum bisa," kata Adi Kurniawan, Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia Jatim.

Selain Wisnu, pemain Persebaya Surabaya juga terlihat menyambut mereka. Striker Rishadi Fauzi mengajak salah satu penonton penyandang disabilitas masuk ke lapangan saat hendak melakukan pemanasan.

Video Populer

Foto Populer