Sukses


Fernando Soler Ungkap Resep Persib Membungkam Persebaya

Bola.com, Surabaya - Asisten pelatih Persib Bandung, Fernando Soler, menyebutkan Persib punya kunci sukses saat menang atas Persebaya Surabaya. Pertemuan keduanya berakhir dengan skor 4-3 untuk Persib.

Persib berhasil mempermalukan Persebaya di hadapan pendukung sendiri di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Kamis malam (26/7/2018).

"Saya sudah bicara dengan coach (Mario Gomez), dan pemain yang belum pernah main di Indonesia. Suporter di Surabaya ini luar biasa, stadion ini bisa membuat lawan tertekan. Saya sudah pernah bermain di sini dan selalu ada tekanan dari Bonek untuk tim lawan," kata Soler kepada Bola.com.

Soler bukan sosok yang asing bagi Persebaya dan Bonek, suporter Persebaya. Pria asal Argentina itu pernah menjadi pemain Bajul Ijo pada 2011-2013, bahkan menjadi striker andalan.

Di sisi lain, beberapa pemain Persib belum pernah merasakan suasana pertandingan di Stadion GBT yang dipenuhi Bonek. Semisal dua pemain asing Persib, Ezechiel N’Douassel dan Bojan Malisic, lantaran terbilang baru di pentas sepak bola Indonesia.

Soler sangat paham dengan atmosfer Stadion GBT dengan pengalamannya itu. Sekitar 50 ribu penonton lebih bisa menjadi tekanan untuk siapa pun, tak terkecuali pemain tim tuan rumah sendiri.

Jika dibandingkan, Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang merupakan maskar Persib, sebenarnya bisa menampung jumlah penonton yang hampir sama. Atmosfer di stadion itu juga hampir mirip dengan Stadion GBT.

"Suporter Persib dan Persebaya memang hampir sama. Tapi, saya hanya antisipasi saja jika tidak menata mental dengan baik. Ternyata, memang suporter kedua tim bisa menjadi saudara dengan baik. Saya sangat senang bisa kembali Surabaya," imbuhnya.

Tidak banyak tekanan yang diberikan Bonek kepada pemain Persib di laga ini. Selama ini Bonek menjalin hubungan harmonis dengan suporter Persib, Bobotoh.

Bonek malah banyak memberikan tekanan kepada pemain Persebaya menyusul kekalahan yang dialami tim kebanggaannya itu. Terjadi beberapa insiden negatif sebagai luapan kekecewaan Bonek.

Sejumlah oknum Bonek melakukan pelemparan botol air mineral ke arah bangku cadangan Persebaya. Selain itu, flare dan nyala api juga menjadi bumbu lain yang bakal merugikan Bajul Ijo karena berpotensi mendatangkan sanksi Komdis PSSI.

Video Populer

Foto Populer