Sukses


Prediksi Timnas Indonesia U-16 Vs Timor Leste: Permulus Status Juara Grup A

Bola.com, Sidoarjo - Pasukan Timnas Indonesia U-16 bakal menghadapi laga penentuan saat bersua Timor Leste di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (4/8/2018). Kemenangan David Maulana di matchday keempat Grup A Piala AFF U-16 2018 ini bakal meloloskan mereka ke semifinal.

Usai kemenangan sensasional 4-2 atas Vietnam, Tim Garuda Muda berpeluang besar mengunci posisi pemuncak klasemen. Tapi tentu dengan catatan tak tersandung di dua laga sisa penyisihan.

Di atas kertas, Indonesia jelas lebih diunggulkan dengan kemenangan dalam tiga laga terakhir secara beruntun.

Bandingkan saja dengan Timor Leste yang telah tumbang dua kali dan baru menang sekali.

Meski demikian, pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini menuturkan bahwa dia tidak akan menanggap remeh Timor Leste. Tim asal negara yang dulu pernah menjadi bagian Indonesia itu bisa saja melahirkan kejutan.

“Saya melihat mereka bermain sebagai sebuah tim dan beberapa pemain memiliki ostur dan skill bagus. Kami tetap perlu mewaspadai mereka sebagai sebuah tim,” ungkap pelatih berusia 53 tahun itu.

Selain catatan terbaru di turnamen ini, Tim Merah-Putih juga lebih unggul dalam pertemuan di Piala AFF U-16. Dua kali mereka bertemu pada edisi 2010 dan 2011, Indonesia menang sekali dan satu laga lagi berakhir imbang.

Motivasi tinggi diusung oleh Timnas Indonesia U-16 untuk segera mengunci tiket semifinal. Dengan kemenangan di laga ini, mereka bisa menyiapkan laga semifinal dengan lebih tenang.

2 dari 3 halaman

Pertaruhan Hidup dan Mati

Di sisi lain, Timor Leste bakal menjalani laga hidup-mati. Kekalahan dari Indonesia bakal membuat mereka tersingkir karena baru mengoleksi tiga poin saja dan menyisakan satu pertandingan.

Timor Leste juga punya modal yang cukup apik untuk menaikkan kepercayaan diri jelang laga ini. Mereka baru saja menang 2-1 atas Kamboja pada Kamis (2/8/2018).

“Bagi kami, kemenangan ini memberi kami peluang untuk lolos ke babak berikutnya. Kami akan berusaha untuk bisa imbangi Indonesia di pertandingan nanti, walau saya tahu itu berat,” ujar Joao Araujo, pelatih Timnas Timor Leste U-16.

Joao menuturkan bahwa timnya tidak akan bermain bertahan meski tidak diunggulkan. Dia merasa permainan seperti itu justru menjadi blunder karena pemain bertahan tidak siap seperti saat kalah 0-4 dari Vietnam (31/7/2018).

“Menurut saya, kalau main bertahan seperti saat kami hadapi Vietnam, para pemain kami akan lebih capek dan itu membuat kami gampang kebobolan. Jadi, kami akan bermain normal saja supaya bisa imbangi Indonesia,” tegasnya.

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (Kiper); Nur Rahman, Komang Teguh, M. Yuda, M. Supriadi (Belakang); David Maulana, Brylian Negiehta, Andre Oktaviansyah (Tengah); Fajar Fathur, Rendy Juliansyah, Bagus Kahfi (Depan)

Pelatih: Fakhri Husaini

Timor Leste (4-2-3-1): Marcio Dores (Kiper); Jaimito Costa, Juvito Moniz, Neldinho Costa, Kay Gusmao (Belakang); Jacinto da Silva, Aldo Amaral; Osorio da Costa, Joel Gomes, Oscar Dos Santos (tengah); Alto da Cruz (Depan)

Pelatih: Joao Araujo

Video Populer

Foto Populer