Sukses


Menengok Dukungan Suporter Pembawa Garuda untuk Timnas Indonesia U-16

Bola.com, Sidoarjo - Pemandangan unik tersaji di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, dalam dua terakhir Timnas Indonesia U-16 pada 2 dan 4 Agustus 2018. Terdapat satu suporter di tribune VIP yang memegang patung Garuda Pancasila.

Selain itu, suporter tersebut juga mengecat sekujur tubuhnya dengan warna merah dan putih. Dia bertelanjang dada dan hanya memakai celana pendek selama pertandingan Timnas Indonesia U-16.

Suporter yang satu ini bernama Andi Kiswantoro. Pria asal Mojokerto itu mengaku ingin memberikan dukungan secara khusus untuk skuat asuhan Fakhri Husaini dengan cara yang tidak biasa.

“Kebetulan, sekarang sudah masuk bulan Agustus yang merupakan bulan Kemerdekaan untuk masyarakat Indonesia. Selain lambang di dada, saya ingin mengingatkan Garuda Pancasila adalah simbol kita semua,” ungkapnya kepada Bola.com, setelah pertandingan Sabtu (4/8/2018) malam.

Cara ini terbilang unik untuk sebuah suporter sepak bola. Sebab, Garuda Pancasila yang dibawanya itu biasanya dipajang di dinding gedung sekolah, kantor administrasi, dan kantor pemerintahan lainnya.

Selama 90 menit pertandingan, Andi terlihat selalu mengangkat dengan tinggi Garuda Pancasila itu. Tak jarang, dia juga ikut berteriak bersama suporter lain bila pemain Indonesia menciptakan peluang atau mencetak gol.

Andi mengaku banyak melakukan persiapan untuk merealisasikan cara uniknya mendukung Timnas Indonesia U-16. Dia sudah mengecat seluruh badannya sejak hendak berangkat dari rumah.

“Saya mengecat badan sejak di rumah dengan dibantu teman-teman. Datang dari Mojokerto naik motor, tapi semuanya banyak dibantu teman-teman supaya jadi lebih mudah,” imbuh pria berusia 28 tahun itu.

Sebenarnya ini bukan pertama kali Andi melakukan dukungan seperti ini. Dia juga mulai memberikan dukungan dengan mengecat tubuhnya saat Timnas Indonesia U-19 mengikuti Piala AFF U-19 2018 di stadion yang sama, awal Juli.

“Saya selalu datang mendukung pertandingan Garuda Muda sampai pertandingan terakhir. Tapi, sebelumnya saya tidak membawa Garuda Pancasila ini. Momennya pas dengan bulan Agustus, jadi saya sengaja bawa supaya semangat pemain lebih menggebu-gebu,” ujarnya.

Cara unik lain sempat dilakukan oleh para suporter Timnas Indonesia U-16 saat melawan Timor Leste, Sabtu Malam (4/8/2018). Mereka melakukan aksi koreo dengan warna merah-putih sepanjang tribune ekonomi.

Video Populer

Foto Populer