Sukses


Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bakal Istirahatkan Pemain Inti

Bola.com, Sidoarjo - Laga terakhir Timnas Indonesia U-16 di penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2018 melawan Kamboja, Senin (6/8/2018), tidak memberi pengaruh kepada kedua tim. Timnas Indonesia U-16 dipastikan lolos ke semifinal, sementara Kamboja sudah dipastikan tersingkir.

Itulah mengapa, pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, ingin memanfaatkan laga ini untuk melakukan rotasi. Dia akan memberi kesempatan kepada beberapa pemain inti yang selalu tampil dalam empat pertandingan terakhir.

“Saya akan memberikan istirahat kepada pemain kami, stoper, kiper, gelandang. Ada lima pemain yang selama ini menjadi pemain inti. Mereka sudah berjuang maksimal, sekarang waktunya istirahat,” kata Fakhri.

Lima pemain yang dimaksud Fakhri adalah kiper Ernando Ari Sutaryadi, stoper Nur Rahman, dan trio gelandang, David Maulana, Andre Oktaviansyah, serta Brylian Negiehta. Semua pemain itu selalu menjadi starter, kecuali Andre.

Andrea tidak menjadi starter saat berjumpa Myanmar (31/7/2018). Namun, pemain bernomor punggung 8 itu masuk pada menit ke-33 menggantikan Rendy Juliansyah di laga tersebut.

Semua pemain yang disebut Fakhri merupakan poros kekuatan yang dimiliki tim asuhannya, seperti Ernando dan Nur Rahman yang menjadi andalan untuk menjaga pertahanan.

Sementara trio gelandang seolah telah paten menjadi milik David, Andre, dan Brylian. Ketiga mampu melahirkan kerja sama yang rapi, menyokong lini depan meski tidak selalu tampil penuh 80 menit.

Hal itu berbeda dengan barisan depan Timnas Indonesia U-16. Secara bergantian, Fakhri memasukkan beberapa nama seperti Bagus Kahfi, Sutan Zico, M. Supriadi, Rendy Juliansyah, dan Fajar Fathur untuk mengisi trisula.

"Saya kira di tim mana pun, ketika ada rotasi di pertandingan, tidak semua pelatih mengganti kerangka timnya. Tapi, ini kebutuhan kami untuk menjaga kebugaran pemain. Selain itu juga perlu memberi kesempatan untuk pemain lain di Timnas Indonesia U-16," kata Fakhri.

Video Populer

Foto Populer