Sukses


Malaysia dan Laos Jalani Laga Penentuan agar Bisa Bersua Timnas Indonesia U-16

Bola.com, Gresik - Timnas Indonesia U-16 memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2018. Status juara Grup A, dengan nilai sempurna, membuat tuan rumah tinggal menunggu siapa lawan Tim Merah Putih di panggung semifinal. Dua kandidat muncul, yakni Malaysia dan Laos.

Dua negara tersebut bakal melakoni laga hidup - mati di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Selasa (7/8/2018) agar bisa lolos ke semifinal dan menghadapi Indonesia. Laos dan Malaysia berada dalam kondisi genting setelah menuai hasil berbeda.

Malaysia menang 4-0 atas Singapura, dan Laos bermain tanpa gol kontra Thailand, pada Minggu (5/8/2018), membuat peta klasemen berubah. Thailand lolos ke empat besar sebagai juara Grup B Piala AFF U-16 2018, dan menyisakan satu tempat yang kini masih diperebutkan Laos dan Malaysia.

Seakan menjadi takdir bagi kedua tim yang masih berpotensi lolos ke semifinal itu, Laos dan Malaysia akan menjalani laga penentuan dengan saling berhadapan. Bermodalkan hasil masing-masing tim di laga sebelumnya, kedua tim dalam kondisi optimistis bisa meraih kemenangan agar bisa bertemu Timnas Indonesia U-16 di semifinal.

Pelatih Laos, Kanlaya Sysomvang, sangat gembira dengan hasil imbang yang diraih timnya ketika menghadapi Thailand. Menurut sang arsitek tim, hasil tersebut merupakan bukti timnya mampu bersaing dan merepotkan tim kuat seperti Thailand.

"Anak-anak bermain sesuai rencana dan memperlihatkan kami bisa menyulitkan Thailand. Anak-anak bermain dengan mentalitas bertahan yang sangat tepat dan konsentrasi mereka telah membawa mereka melewati pertandingan dengan baik," ujar Kanlaya seperti dilansir situs resmi AFF.

Keberhasilan menahan imbang Thailand memang membuat Laos semakin percaya diri menghadapi Malaysia. Alasannya, Malaysia kalah 1-2 dari Thailand dalam pertandingan pertama Grup B. Namun, Malaysia pun tetap percaya diri. Kemenangan telak atas Singapura tak membuat mereka lengah. Mereka pun sadar laga terakhir kontra Laos akan menjadi penentu yang sebenarnya.

"Mereka butuh mencurahkan energi mereka untuk pertandingan menghadapi Laos, di mana itu lebih penting," ujar pelatih Malaysia U-16, Raja Azlan Shah, usai menghadapi Singapura.

 Laos yang saat ini mengoleksi tujuh poin, hanya butuh hasil imbang untuk bisa menemani Thailand lolos ke semifinal sekaligus menghadapi Timnas Indonesia U-16 di babak empat besar. Sementara Malaysia yang terpaut satu poin di belakang Laos, membutuhkan kemenangan agar bisa berstatus runner-up.

Video Populer

Foto Populer