Sukses


PSSI Menegaskan Liga 1 Wanita Harus Bergulir pada 2019

Bola.com, Palembang - PSSI saat ini berjuang agar Liga 1 Wanita Indonesia yang rencananya bergulir pada tahun depan, bisa terealisasi. Saat ini induk sepak bola Indonesia itu menyebut sedang menyelesaikan persiapan dan akan memanggil klub Liga 1 Indonesia untuk membahas hal ini.

Liga 1 Wanita Indonesia dianggap sulit untuk digulirkan karena beberapa sebab.

"Ini sesuai komitmen awal dan memang telah direncanakan sejak awal tahun. Di Kongres PSSI terakhir juga kompetisi sepak bola wanita menjadi salah satu pembahasan, jadi bukan masalah mungkin atau tidak digelar ke depannya," ungkap Sekjen PSSI Ratu Tisha.

Menurut Tisha, untuk tahap awal, PSSI tidak mematok mengenai jumlah minimal klub yang akan berlaga pada Liga 1 Wanita Indonesia 2019.

"Pertama mungkin siapa saja yang siap, jadi mesti 18 klub Liga 1 Indonesia semuanya ikut," ujarnya.

Tisha tak nenampik adanya Liga 1 Wanita akan membuat beban klub, terutama dari sektor keuangan, akan semakin besar.

"Masalah saya pikir bukan soal dana, namun lebih kepada komitmen klub untuk berinvestasi. Kita semua tahu pasti pengeluaran terbesar ada tim pria, kemudian untuk jangka panjang, klub juga tengah mengembangkan akademinya masing-masing. Namun, kami sangat membutuhkan komitmen klub untuk kemajuan sepak bola wanita," jelasnya.

Tisha menyebut PSSI sedang menyiapkan beberapa opsi yang akan ditawarkan kepada klub.

"Untuk mendirikan tim wanita banyak caranya, bisa saja mereka nanti membangun dari awal. Namun ada tawaran juga bagaimana jika berafiliasi dengan klub yang sudah ada dan eksis selama ini," tutur Tisha.

Video Populer

Foto Populer