Sukses


3 Pemain Muda Generasi Emas Persipura

Bola.com, Batu - Musim ini Persipura Jayapura melakukan peremajaan skuat. Banyak pemain muda dikontrak untuk menggantikan beberapa pemain berpengalaman yang hengkang.

Meski hasilnya belum membuat posisi Persipura berada di papan atas Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, ada tiga pemain muda yang diprediksi bisa jadi generasi emas baru sepak bola Papua.

Hal itu disampaikan pelatih Persipura, Amilton Silva de Oliveira. Dia menyebut nama dua gelandang, Gunansar Mandowen dan Todd Rivaldo Ferre, serta penyerang Ronaldo Wanma.

Khusus untuk Gunansar dan Todd sudah mulai dikenal publik sepak bola karena mereka masuk Timnas Indonesia U-19. Sedangkan Ronaldo merupakan striker binaan asli tim muda Persipura yang kini usianya menapaki 20 tahun.

"Mereka pemain luar biasa dan akan jadi penerus pemain dari Papua. Tentunya butuh waktu untuk membuat mereka lebih matang," kata pelatih asal Brasil ini.

Sebenarnya sejak musim lalu Persipura sudah memunculkan satu calon bintang, yakni Prisca Womsiwor. Kini dia jadi satu di antara andalan Persipura di sektor sayap.

"Sebenarnya hal yang biasa di Papua banyak pemain bagus. Persoalannya, di sana jarang ada kompetisi untuk level kelompok umur. Jadi mereka tidak banyak pengalaman di junior," katanya.

Sekarang, Amilton cukup berani memberikan kesempatan bermain untuk tiga calon bintang Persipura tersebut.

Todd main dalam tujuh pertandingan. Sedangkan Ronaldo tampil dalam sembilan laga dan menyumbangkan satu gol. Gunansar dapat kesempatan lebih banyak, yakni 14 pertandingan.

"Saya yakin mereka bisa lebih berkembang lagi," imbuhnya.

Namun, Amilton menambahkan tim asuhannya juga masih butuh pemain senior seperti Boaz Salossa, Ricardo Salampessy, Ian Kabes, dan yang lainnya. Mereka tidak hanya jadi penyeimbang tim di lapangan melainkan juga membimbing pemain muda.

Pasalnya, tidak sedikit pemain muda Papua yang terlena saat tenar dalam usia muda. Itu sebabnya, senioritas Boaz dan pemain lawasa lain di Persipura sangat diperlukan untuk menularkan resep menjaga performa tetap stabil di setiap pertandingan.

Video Populer

Foto Populer