Sukses


Keuangan Jadi Alasan PSM Tak Lagi TC di luar Makassar

Bola.com, Makassar - Pelatih PSM Makassar, Robert Alberts, mengungkapkan alasan di balik keputusan dirinya tidak lagi melakukan pemusatan latihan di luar Makassar atau uji coba dengan tim selevel.

Menurut Robert, ia memahami kondisi finansial PSM yang kurang baik. Malah bonus pada enam pertandingan terakhir, belum terbayar.

"Sebagai klub profesional, kondisi ini jelas mengganggu. Tapi, saya salut dengan pemain yang tetap menunjukkan semangat yang bagus," ujar Robert kepada awak media Makassar seusai latihan rutin PSM di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Kamis (30/8/2018).

Kondisi PSM ini berbeda 180 derajat dengan persiapan PSM di awal musim. Saat itu, PSM melakukan TC dua kali di Bali plus menggelar tunamen Super Cup Asia dengan mengundang tim luar negeri ke Makassar.

Apalagi, kalau berkaca dengan persiapan beberapa tim pesaing mereka. Seperti Persipura melakukan TC di Batu Malang, Barito Putera di Bali, Persija Jakarta dan Madura United berencana beruji coba dengan Selangor FA.

"Idealnya PSM harus beruji dengan tim selevel plus memantau lawan. Tapi, dengan kondisi ini, PSM cukup menghadapi tim lokal saja," cetus Robert.

Ada empat tim lokal yang akan dihadapi PSM, yakni Khaka FC (3/9/2018), Palopo United (4/9/2018), Sultan Jaya (7/9/2018), dan Persibone Bone (8/9/2018).

Uji coba ini merupakan rangkaian persiapan PSM untuk menjamu Barito Putera (13/9/2018) pada lanjutan Liga 1 2018 bersama Bukalapak.

Di sisi lain, Robert enggan berkomentar banyak soal mangkirnya striker Alessandro Ferreira Leonardo dalam sesi latihan meski sudah berada di Makassar. "Dia bilang ke saya baru akan latihan setelah bertemu dengan Pak Munafri Arifuddin (CEO PSM)," ujar Robert.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris tim PSM, Andi Widya Syadzwina, mengaku tidak berwenang menjawab pertanyaan terkait masalah keuangan.

"Saya tidak punya data soal keuangan. Termasuk soal bonus. Nanti saya tanyakan ke bagian keuangan atau CEO PSM (Munafri)," kata Andi Widya Syadzwina.

Munafri sedang menjalani ibadah haji. Dari sumber internal manajemen PSM, Munafri dijadwalkan baru tiba di Makassar pada akhir pekan ini.

Video Populer

Foto Populer