Sukses


Pelatih Kiper Perseru Punya Tugas Ganda

Bola.com, Malang - Ada hal menarik dalam sesi latihan Perseru Serui selama pemusatan latihan di Malang. Tim berjulukan Cenderawasih Jingga tersebut punya seorang pelatih yang bertugas ganda, yakni Claudio de Jesus.

Dia dikontrak sebagai pelatih kiper sekaligus pelatih sektor pertahanan. Pria asal Brasil tersebut di awal latihan, lebih dulu memberikan menangani penjaga gawang Perseru.

Namun di tengah latihan, dia bertugas memberikan latihan khusus kepada pemain bertahan untuk menghalau serangan lawan.

"Claudio memang multifungsi. Saya sangat terbantu dengan keberadaannya karena bisa jadi pelatih kiper dan pemain bertahan. Dia juga punya program latihan fisik," kata pelatih kepala Perseru Serui, I Putu Gede.

Claudio baru satu pekan bergabung dengan Perseru. Dia menggantikan posisi pelatih kiper sebelumnya, Sukrian. Sebenarnya, Claudio bukan seorang kiper saat masih aktif jadi pemain.

Dia stoper dan sempat membela Arema di era 2006. Dia juga satu tim bersama I Putu Gede Waktu itu.

"Saya memang rekomendasikan Claudio untuk gabung Perseru karena dia sudah punya pengalaman saat jadi pelatih kiper Persipura (2016). Waktu aktif bermain, dia jadi pemain belakang. Jadi, bisa juga memberikan ilmunya untuk membuat pertahanan lebih kukuh," ungkap Putu.

Claudio sempat mengabdi untuk membina pemain muda di Malang. Dia punya SSB Brasil Style Football. Tetapi, setelah mendapatkan tawaran dari Perseru, dia bersedia menerimanya.

Claudio sudah tidak asing dengan klub Papua. Sebelum jadi pelatih kiper Perseru, dia juga jadi pelatih tim Mutiara Hitam U-21.

Keberadaan Claudio diharapkan bisa membuat gawang Perseru sulit ditembus lawan. Dalam tiga pertandingan sebelumnya, Perseru kebobolan lima gol dalam tiga laga. Padahal di awal musim, tim Cenderawasih Jingga sempat jadi tim yang paling sedikit kebobolan.

"Sekarang produktivitas Perseru sudah membaik. Tapi, gawang kami mulai banyak kebobolan. Jadi harus kembali diperbaiki dan ada penyegaran di sektor tersebut," kata Putu.

Video Populer

Foto Populer