Sukses


Cerita di Balik Keberhasilan Barito Putera Mencuri Poin PSM

Bola.com, Makassar - Barito Putera berhasil mengimbangi tuan rumah PSM Makassar 1-1 pada pekan ke-21 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Kamis (13/9/2018).

Skuat Jacksen Tiago itu malah sempat unggul lebih dulu lewat aksi Paulo Sitanggang pada menit ke-66 sebelum disamakan Ferdinand Sinaga (PSM), delapan menit sebelum waktu normal habis.

Seusai pertandingan, Jacksen mengungkap cerita di balik keberhasilan skuatnya mencuri satu poin di Makassar. Menurut mantan pelatih Persipura Jayapura itu, penampilan militan Barito Putera adalah buah strategi yang dibuat bersama pemain dan tim pelatih.

"Hampir setiap hari kami berdiskusi untuk menyamakan visi menghadapi PSM. Evaluasi secara detail pun dilakukan. Sehari sebelum pertandingan, saya meminta perwakilan pemain untuk melakukan diskusi kecil dengan tim pelatih," ujar Jacksen pada jumpa media.

Pemain pilar seperti Hansamu Yama, Rizky Pora, dan Aditya Harlan bergantian memberi masukan dalam proses pembuatan strategi.

"Selama ini, kami tidak pernah melibatkan pemain. Mungkin dengan cara ini, pemain merasa nyaman dan bertanggungjawab dengan hasil yang akan digapai tim. Sekali lagi, hasil ini berkat kerja tim," tegas Jacksen.

Jacksen menambahkan, selain penerapan strategi yang pas, penampilan, dan disiplin pemain di lapangan juga jadi pembeda. "Saya juga harus mengakui, kami juga mendapatkan keberuntungan di Makassar. Puji Tuhan," papar Jacksen.

Hal senada dikatakan Aditya Harlan, kiper Barito Putera yang tampil gemilang dalam menggagalkan sejumlah peluang PSM.

"Coach Jacksen secara rinci kepada kami menjelaskan poin-poin penting bagaimana cara meredam permainan PSM dan mengintip peluang mencetak gol. Kami tinggal menjalankannya di lapangan," kata Aditya.

Video Populer

Foto Populer