Sukses


Duel Versus Indonesia Jadi Laga Paling Krusial Vietnam di Piala AFC U-16 2018

Bola.com, Hanoi - Berbeda dengan Indonesia dan India yang sudah tiba dan berlatih di Malaysia sejak beberapa pekan terakhir, Timnas Vietnam U-16 memilih waktu mepet. Tim asuhan pelatih Vu Hong Viet ini baru bertolak dari Hanoi ke Malaysia untuk mengikuti Piala AFC U-16 2018 pada Selasa siang (18/9/2018).

Sebelum berangkat bertempur, pemain, tim pelatih, dan seluruh ofisial Timnas Vietnam U-16 dikumpulkan untuk mendapatkan tambahan motivasi dan suntikan semangat dari jajaran petinggi Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF).

Jajaran pejabat itu, seperti Sekjen VFF, Le Hoai Anh, mengingatkan seluruh pemain untuk meningkatkan konsentrasi, semangat, kerja sama tim, serta apa yang sudah dipelajari selama latihan demi mencapai target di Piala AFC U-16 2018.

"Dalam beberapa tahun terakhir, sepak bola usia muda Vietnam mencatatkan prestasi luar biasa di kancah Asia. Hal itu sekaligus jadi sumber motivasi serta menambah kepercayaan diri, namun juga menempatkan kami pada tantangan lebih sulit karena seluruh tim lawan yang kami hadapi akan memberikan respek khusus pada kami," ujar Le Hoai Ang, seperti dikutip dari situs resmi VFF.

"Meski begitu, itu akan jadi kesempatan bagi kami untuk memperlihatkan kemampuan kami, untuk mewujudkan latihan keras kami selama ini dengan hasil bagus di lapangan," imbuhnya.

Sesuai pemetaan yang dilakukan pelatih Vu Hong Viet, Iran disebut jadi lawan paling berat yang akan dihadapi Timnas Vietnam U-16 di penyisihan Grup C. Sementara dua lawan lain, yakni Indonesia dan India, kekuatannya dianggap sebanding.

Tak hanya itu, Vu Hong Viet juga menilai laga kontra Indonesia pada matchday kedua penyisihan Grup C, Senin (24/9/2018), bakal menjadi duel kunci yang paling memengaruhi peluang kelolosan ke perempat final.

Jika mampu mengalahkan Indonesia, Timnas Vietnam U-16 merasa jalan ke perempat final bakal terbuka kendati masih menyisakan satu laga lagi di penyisihan grup, yakni melawan Iran (27/9/2018).

2 dari 2 halaman

Peningkatan Signifikan

Kekalahan 2-4 pada pertemuan kontra Indonesia di penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2018 di Sidoarjo (2/8/2018) sudah dilupakan Vietnam. Sebaliknya, mereka kali ini yakin bisa menekuk Indonesia.

Vu Hong Viet menambahkan, pemusatan latihan yang digelar di Jepang pada awal September lalu berjalan sangat efektif untuk mendongkrak persiapan tim asuhannya menuju Piala AFC U-16 2018.

Sang pelatih mengungkap, Timnas Vietnam U-16 menunjukkan peningkatan signifikan terutama dalam hal pengalaman serta kekuatan mental bertanding di laga internasional sepulang dari Jepang. "Saya berharap seluruh pemain kini percaya diri menghadapi setiap lawan," kata Vu Hong Viet.

Timnas Vietnam U-16 menjalani laga perdana penyisihan Grup C Piala AFF U-16 2018 melawan India pada Jumat (21/9/2018), disusul Indonesia (24/9/2018), dan Iran (27/9/2018).

Video Populer

Foto Populer