Sukses


David da Silva Berbagi Resep Menjadi Striker Haus Gol di Liga 1

Bola.com, Surabaya - Striker Persebaya, David da Silva mulai menunjukkan taringnya dalam persaingan top scorer Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Dia sudah membukukan 13 gol sampai memasuki pekan ke-22. 

Jumlah gol itu dicetak oleh Da Silva hanya dalam 16 pertandingan yang pernah dimainkannya. Dia kini berada di posisi runner-up daftar pencetak gol Liga 1, selisih dua gol dengan Fernando Rodriguez (Mitra Kukar) yang mengoleksi 15 gol. 

Terbaru, Da Silva mencetak brace saat timnya menahan imbang 3-3 Sriwijaya FC (16/9/2018). Berdasarkan catatan statistik, dia telah membukukan sebanyak 67 tembakan. 

Jika ditambah dengan raihan Piala Indonesia 2018, total Da Silva sudah menorehkan sebanyak 17 gol musim ini. Pemain asal Brasil itu pun membagikan ceritanya bisa menemukan ketajamnnya lagi.

“Saya biasanya menambah latihan sendiri setelah selesai latihan tim. Kadang-kadang dribel bola, juggling, atau shooting juga. Saya sadar bahwa tugas saya sebagai striker adalah mencetak gol, jadi memang harus menempa diri juga,” ungkapnya kepada Bola.com, Rabu (19/9/2018). 

Selama latihan, Da Silva termasuk pemain yang kerap menyibukkan dirinya dengan banyak hal. Di saat teman-temannya sedang istirahat untuk minum air atau bercanda, dia malah keasyikan memainkan si kulit bundar. 

Begitu halnya saat latihan tim telah berakhir. Pemain lain biasanya memilih untuk segera berkemas dan meninggalkan lapangan latihan. Namun, Da Silva terlihat masih enggan meninggalkan lapangan dengan menambah latihan sendiri. 

Hal itu tentu saja membuatnya kerap kali ditinggal pulang oleh rekan setimnya. Dia selalu menjadi pemain terakhir yang meninggalkan lapangan latihan saat kondisi sudah benar-benar sepi. 

“Terkadang, teman-teman terlalu lama istirahat atau cepat buru-buru. Saya punya cara sendiri untuk menikmati apa yang saya senangi ini. Saya tetap membutuhkan tim untuk menang, tapi saya hanya mengasah kemampuan sebagai pemain depan,” imbuh striker Persebaya berusia 28 tahun itu.

2 dari 2 halaman

Pujian dari Sang Pelatih

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman mengaku sangat senang bisa bekerja sama dengan Da Silva. Dia menilai mantan pemain Bhayangkara FC itu sebagai tipe seorang striker pekerja keras. 

“Saya memang belum lama menangani Da Silva, tapi dari yang saya lihat dia punya kecerdasan. Ia juga tipikal striker pekerja keras yang suka bermain kolektif. Tidak selalu menunggu umpan matang dari rekannya dan mampu menciptakan ruang atau mencari bola,” puji pelatih yang akrab disapa Djanur itu. 

“Dia striker yang komplet baik duel udara, maupun akurasi tendangan dan mampu memanfaatkan peluang yang ada. Saya optimis di laga nanti Da Silva akan tampil jauh lebih bagus saat turun ke lapangan. Ini sangat penting dan perlu ada di setiap pertandingan,” imbuhnya.  

Semenjak Persebaya ditangani oleh Djanur, Da Silva merupakan salah satu pemain yang menjadi kesayangan. Dia selalu tampil penuh selama 90 menit, masing-masing saat melawan PS Tira (11/9/2018) dan Sriwijaya FC (16/9/2018). 

Kini, kans dia untuk keluar sebagai top scorer semakin terbuka lebar. Dia juga berpotensi untuk menyalip raihan Rodriguez karena Persebaya akan menjamu Mitra Kukar, Sabtu (22/9/2018).

Video Populer

Foto Populer