Sukses


Prediksi Persipura Vs Arema: Kompak Melawan Kelelahan

Bola.com, Jayapura - Duel tim besar terjadi di pekan ke-23 Liga 1 bersama Bukalapak, yakni Persipura Jayapura menjamu Arema FC di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (22/9/2018).

Meski di klasemen sementara keduanya tidak berada di papan atas, laga ini tetap mempertaruhkan gengsi. Dalam beberapa musim terakhir, kedua tim langganan papan atas.

Kini Persipura lebih diunggulkan karena mereka bermain di kandang sendiri. Arema juga tidak memiliki catatan bagus saat bermain di Jayapura.

Dalam lima tahun terakhir, prestasi Arema paling bagus hanya bisa mencuri satu poin saat menahan 1-1 pada 2013. Setelah itu, Singo Edan selalu takluk dari Persipura.

"Sekarang kami memang main di kandang. Tapi, tetap tidak mudah untuk menghadapi Arema. Tapi, Persipura harus bisa menang," kata pelatih Persipura, Amilton de Oliveira.

Pelatih asal Brasil ini sudah melakukan analisis pasca kekalahan di pertandingan sebelumnya melawan Mitra Kukar (17/9/2018). Waktu itu timnya tampil kurang kompak. Beberapa posisi pemain saling berjauhan sehingga kerja sama tim tidak bisa berjalan sesuai skema yang disiapkan.

"Sebenarnya kami tidak bermain jelek melawan Mitra Kukar. Kadang ada hari buruk yang membuat kami kurang beruntung. Ada banyak peluang juga tidak bisa berbuah gol. Namun, lawan Arema, kami yakin hari baik bagi kami untuk menang," jelas mantan pelatih Persipura U-19 ini.

Hanya, ada satu kendala yang kini sedang dihadapi Persipura. Kondisi pemain yang sedikit kelelahan pasca tandang dari Mitra Kukar. Hal itu sudah biasa terjadi musim ini karena sistem penjadwalan kompetisi musim ini tidak menguntungkan untuk tim Mutiara Hitam.

"Kalau beberapa musim lalu dua kali tandang dan dua kali home. Tapi, sekarang kami harus sering pulang pergi. Pasti sangat melelahkan untuk Persipura karena homebase kami paling jauh. Pemain juga jenuh harus menunggu delapan jam di bandara setiap kali pulang away. Jadi, kami harus lebih maksimal dalam recovery kondisi pemain," jelas Amilton.

 

2 dari 3 halaman

Arema Enggan Menyerah

Sebenarnya kondisi itu juga dialami Arema. Singo Edan berangkat dari Malang tengah malam. Mereka tiba di Jayapura dan hanya bisa menjalani sekali latihan sehingga kondisi fisik Hamka Hamzah dkk. tentu belum kembali.

Namun, Arema coba menyikapinya dengan positif. Lelahnya perjalanan dijadikan motivasi untuk mencuri poin. "Rasa lelah kami akan terbayar jika bisa mendapatkan poin di Jayapura," kata Milan Petrovic, pelatih Arema.

Arema datang dengan komposisi pemain tidak lengkap. Bek asing mereka Arthur Cunha sedang akumulasi kartu. Begitu juga pemain sayap Dendi Santoso dibekap cedera.

"Memang ada sejumlah pemain cedera dan akumulasi kartu. Tapi, saya bersyukur sudah ada pemain yang siap untuk menggantikan," jelas pelatih asal Slovenia tersebut.

Arema mengakui misi mendapatkan poin di Jayapura sangat sulit. Namun, mereka enggan menyerah bahkan Milan berupaya membuat permainan timnya lebih rapi sejak menit awal.

Meski, tidak menyebutkan apakah dia menyiapkan skema bertahan atau menyerang, dia menegaskan Arema juga memburu gol di markas Persipura.

"Dalam pertandingan away terakhir kami melawan Persib Bandung (13/9/2018), tidak ada gol yang bisa dicetak. Padahal, kami sudah memulai pertandingan dengan baik. Saat melawan Persipura, Arema akan bermain lebih baik dan tentunya mencetak gol," kata Milan.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (kiper); Tinus Pae, Ricardo Salampessy, Marcio Rozario, Valentino Telaubun (belakang); Imanuel Wanggai, M. Tahir, Ian Kabes (tengah); Hilton Moreira, Boaz Salossa, Addison Alves (depan)

Pelatih: Amilton de Oliveira

Arema FC (4-2-1-3): Srdan Ostojic (kiper); Alfin Tuasalamony, Hamka Hamzah, Israel Wamiau, Ahmad Alfarizi (belakang); Hendro Siswanto, Hanif Sjahbandi; Makan Konate (tengah); Rivaldi Bawuo, Dedik Setiawan, Ridwan Tawainella (depan)

Pelatih: Milan Petrovic

Video Populer

Foto Populer