Sukses


Kelebihan dan Kekurangan Timnas Indonesia U-16 di Mata Mantan Bek Persebaya

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-16 berhasil mengalahkan tim kuat Iran 2-0 pada laga perdana di Piala AFC 2018, Jumat (21/9/2018).  Pengamat sepak bola asal Jawa Timur, Chairil Anwar, menilai penampilan Timnas U-16 di pertandingan tersebut cukup menjanjikan.

"Organisasi permainannya rapi. Cara mereka membangun serangan dari bawah, dan transisi dari menyerang ke bertahan juga bagus," ujar mantan bek Timnas Indonesia tersebut, Sabtu (22/9/2018). 

Mantan pemain Persebaya ini menilai Timnas Indonesia U-16 memiliki kelebihan pada cara bertahan. Pria yang akrab disapa Pace ini mengatakan tim besutan Fakhri Husaini sangat cepat dan rapat dalam membangun pertahanan.

Ia juga memuji kemampuan para pemain belakang Timnas Indonesia U-16 yang bagus dalam memotong setiap serangan yang dilancarkan lawan. "Kipernya bagus, stopper dan kedua bek sayapnya juga sangat bagus dalam membaca arah serangan lawan. Mereka hampir tak pernah salah dan kalah dalam perebutan bola," tutur dia.

Pria asal Tulehu Ambon ini mengatakan para gelandang Timnas tak kalah bagus saat membantu pertahanan dan menyerang. Hasilnya, pemain Iran seakan kehabisan akal untuk menembus soliditas pertahanan Timnas Indonesia U-16.

Menurut Pace, serangan Tim Garuda Muda tak kalah bagus, baik yang dibangun dari bawah, maupun ketika melancarkan serangan balik, para pemain Timnas Indonesia U-16 kerap membuat pemain belakang lawan kewalahan. "Penyelesaian mereka juga tergolong bagus meski masih ada kekurangan," sebut pelatih Persiga Trenggalek (juara Liga 3 PSSI Jatim) ini.

Pace menegaskan Timnas Indonesia U-16 juga masih punya kekurangan, tapi tak banyak. "Saya masih melihat ada pemain belakang yang masih mudah panik ketika ditekan. Asal buang bola, meski sebetulnya bola itu masih bisa dimainkan," kata Pace.

Pace juga menyebut penyelesaian para pemain Timnas Indonesia U-16 kurang optimal. "Terlalu banyak kesempatan yang terbuang sia-sia. Kalau penyelesaian mereka lebih bagus, saya yakin kita bisa menang lebih besar," terang Pace.

Video Populer

Foto Populer