Sukses


Djanur Bereksperimen Komposisi Pemain Persebaya

Bola.com, Surabaya - Ketidakjelasan kapan Liga 1 2018 akan kembali bergulir membuat Persebaya menyiapkan berbagai opsi mengisi jeda. Salah satu pilihan yang dilakukan oleh mereka adalah mengadakan uji coba. 

Sejak PSSI mengumumkan penghentikan Liga 1, klub berjulukan Bajul Ijo itu sudah melakoni tiga uji coba. Pertama melawan dua klub internal, Anak Bangsa dan Putra Surabaya, dalam satu laga yang masing-masing dihadapi selama 45 menit.

Paling gres, Persebaya menjajal kemampuan klub satelit, PS Kota Pahlawan di Lapangan Polda Jatim, Surabaya, Sabtu pagi (29/9/2018). Hasilnya, Persebaya dua kali menang dan sekali imbang. 

Pada tiga laga itu, pelatih Persebaya Surabaya, Djadjang Nurdjaman mencoba bereksperimen dengan skuatnya. Dia menjajal beberapa pemain menempati posisi baru. 

“Saya melihat di lini tengah kekurangan orang. (Feri) Pahabol kita coba bermain di belakang striker, kemudian Riky Kayame yang selama ini main di striker tadi coba di sayap, Irvan (Febrianto) yang bisa di kiri dan kanan,” ungkap pelatih yang akrab disapa Djanur. 

Percobaan yang dilakukan oleh Djanur ini memang tidak dilakukan secara siginfikan. Kayame misalnya, selama di Persebaya kerap dipasang sebagai striker, namun dia juga punya kecepatan saat bermain sebagai pemain sayap. 

Lain halnya dengan Irvan dan Pahabol. Irvan yang berposisi asli sebagai bek kiri, dicoba menjadi bek kanan mengingat posisi itu hanya dimiliki oleh Abu Rizal Maulana, tanpa ada pelapis sepadan. 

Irvan pun juga harus mengalah karena Persebaya memiliki Ruben Sanadi yang merupakan bek kiri senior. Biasanya, Persebaya memilih M. Syaifudin yang notabene adalah stoper sebagai bek kanan jika Abu Rizal absen. 

Sementara penempatan Pahabol sebagai second striker jelas merupakan hal yang belum pernah dilakukan. Mantan pemain Persipura Jayapura itu dikenal sebagai pemain sayap yang memiliki kecepatan tinggi.

Di sisi lain, Djanur juga ingin mengamati penampilan beberapa pemainnya yang selama ini jarang diturunkan. Pelatih kelahiran Majalengka itu baru tiga kali menemani Persebaya dan banyak pemain yang belum diturunkan dan dilihatnya langsung dalam pertandingan. 

“Uji coba ini untuk mengganti latihan yang sudah kami rancang selama sepekan lalu. Saya juga bisa lebih banyak melihat pemain yang jarang main, saya tampilkan semua hari ini,” tandasnya.

Video Populer

Foto Populer