Sukses


Prediksi Persib Vs Persebaya: Reuni dalam Kondisi Pincang

Bola.com, Kuta - Persib Bandung akan menjamu Persebaya Surabaya, Sabtu (20/10/2018) malam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar pada pekan ke 26 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang ditayangkan Indosiar.

Kedua tim sama-sama sedang tersandung masalah kekuatan. Persib sebagai tuan rumah kehilangan tujuh pemainnya yakni Bojan Malisic, Jonathan Bauman, Patrich Wanggai, dan Ezechiel N'Douassel karena terkena hukuman larangan bermain. Oh In Kyun terkena akumulasi kartu, sedang M. Aqil Savik dan Indra Mustafa ke Timnas Indonesia U-19.

Sementara Persebaya tak bisa menurunkan delapan pemainya, yakni Robertino Pugliara, Raphael Maitimo, David da Silva, Nelson Alom, dan Izaac Wanggai karena mengalami cedera. Lalu Onorionde Kughegbe John akumulasi kartu, Fandry Imbiri terkena sanksi larangan bermain, dan Rahmat Irianto ke Timnas Indonesia U-19.

Meski demikian, pelatih Persib, Mario Gomez menegaskan absennya delapan pemain di Persebaya Surabaya tidak akan berpengaruh.

"Persebaya punya pemain penting dan Persib juga sama. Jadi tidak masalah. Memang di luar kami bersahabat tapi di dalam semuanya ingin menang dengan cara yang bersih," ujar Gomez di Hotel Natya, Kuta, Bali, Jumat (19/10/2018).

Gomez juga menilai Djadjang Nurdjaman sebagai pelatih yang bagus. Djanur pernah memberikan gelar juara untuk Persib Bandung (ISL 2014 dan Piala Presiden 2015).

"Walaupun lawan kami nanti tidak ada beberapa pemainnya tidak akan ada pengaruhnya karena mereka memiliki pelatih yang bagus," kata pelatih asal Argentina ini.

Persib telah melakukan persiapan yang baik untuk menghadapi tim berjulukan Bajul Ijo. Dua pemain andalan Persib, Febri Hariyadi dan Dedi Kusnandar bisa diturunkan setelah kembali dari Timnas Indonesia,

"Yang saya sayangkan laga nanti seharusnya menjadi pesta yang besar karena saya ingat sebelumnya di Surabaya ada pesta yang bagus di stadion tapi nanti kami tidak akan bermain dengan dukungan suporter Persib. Tapi yang penting adalah pertandingan. Memang kami memiliki hubungan yang baik, tapi semua orang ingin menang," tegas Gomez.

 

2 dari 3 halaman

Persebaya

Djadjang Nurdjaman tak sabar bereuni dengan Persib. Pria yang akrab disapa Djanur itu merupakan sosok yang selama bertahun-tahun berada di lingkungan Persib. 

Terakhir kali dia bersama Maung Bandung terjadi pada musim lalu, dan kini sangat ingin sekali mengalahkan mantan timnya. Sayang, laga ini harus digelar tanpa suporter, meski Viking dan Bonek merupakan kelompok suporter yang dikenal menjalin persaudaraan. 

Di sisi lain, ambisi untuk bangkit juga disuarakan oleh Persebaya yang kini terjebak di peringkat 16 dengan 29 poin. Djanur bahkan tidak ingin timnya meraih hasil selain menang di laga pekan ke-26 ini. 

“Target maksimal kami adalah menang dan target minimal kami adalah meraih tig poin. Tidak ada pilihan lain, karena kami sedang berjuang untuk keluar dari papan bawah,” ungkap pelatih asal Majalengka tersebut. 

Akan tetapi, Djanur bakal menghadapi ujian yang sangat berat karena absennya sejumlah pilar utama. Dalam beberapa hari terakhir, dia terlihat melakukan banyak eksperimen untuk menemukan komposisi yang pas. 

“Kami juga tidak bisa menurunkan beberapa pilar utama, seperti Robertino Pugliara yang baru saja mengalami cedera parah. Lalu, David da Silva yang merupakan top scorer tim masih cedera,” kata Djanur. 

Dalam latihan terakhir di Surabaya, Djanur sempat mencoba Osvaldo Haay yang notabane pemain sayap didapuk dengan peran false nine. Opsi ini dibuat karena dua striker yang tersisa, Rishadi Fauzi dan Riky Kayame, tampil kurang memuaskan.

“Kondisi ini, praktis membuat kami hanya memiliki satu pemain asing, yaitu Otavio Dutra. Sisanya, kami akan mengandalkan pemain lokal untuk bisa merebut poin melawan Persib,” ucap pelatih berusia 53 tahun itu.

Pertemuan ini tetap saja bukan pekerjaan yang mudah bagi Djanur. Dia harus berusaha membuat Persebaya kembali naik dengan melawan sebuah tim yang kini menduduki puncak klasemen.

 

3 dari 3 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Persib (4-5-1): M. Natshir (kiper); Supardi Nasir (C), Victor Igbonefo, M. Al Amin Fisabillah, Ardi Idrus (belakang); Febri Hariyadi, Hariono, Dedi Kusnandar, Atep, Ghozali Siregar (tengah); Muchlis Hadi (depan).

Pelatih: Mario Gomez

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Andri Muliadi, Ruben Sanadi (belakang); M. Hidayat, Misbakus Solikin, Fandi Eko Utomo (tengah); Riky Kayame, Osvaldo Haay, Irfan Jaya (depan). 

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Video Populer

Foto Populer