Sukses


Timnas Indonesia U-19 ke Perempat Final Piala AFC, Indra Sjafri Tebus Dosa Kegagalan 4 Tahun Silam

Bola.com, Jakarta - Begitu wasit meniup pluit tanda berakhirnya pertandingan, Indra Sjafri bersujud. Ia terlihat tak bisa menahan tangis. Sang pelatih pantas berbahagia. Timnas Indonesia U-19 lolos ke perempat final Piala AFC U-19 2018 dengan status runner-up Grup A, usai mengalahkan UEA dengan skor tipis 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Rabu (24/10/2018) malam.

Sukses ini menebus kekecewaan Indra Sjafri empat tahun silam. Di ajang yang sama Timnas Indonesia U-19 terpental di penyisihan grup. Padahal, saat itu Tim Garuda Jaya digadang-gadang bisa berprestasi tingggi, lolos ke Piala Dunia U-20.

Timnas Indonesia U-19 besutan Indra Sjafri disebut-sebut generasi emas, banyak pemain berbakat di dalamnya. Evan Dimas, Ilham Udin Arymain, Putu Gede, Zulfiandi, Muhammad Hargianto, sederet pemain belia dengan bakat luar biasa.

Mereka sukses mempersembahkan gelar Piala AFF U-19 2013. Saat fase kualifikasi Piala AFC U-19 2014, Tim Merah-Putih Timnas U-19 sukses mengalahkan juara bertahan Korea Selatan dengan skor 3-2 di SUGBK, lewat hattrick Evan Dimas.

Sayangnya begitu masuk pentas turnamen sesungguhnya Timnas Indonesia U-19 tampil melempem. Berada di Grup B, Yabes Roni cs. jadi juru kunci dengan mengantungi rekor tiga kekalahan.

Timnas U-19 digasak Uzbekistan 1-3, Australia 0-1 dan Uni Emirat Arab 1-4. Indra pun kehilangan pekerjaannya gara-gara kegagalan itu.

Kini, Timnas Indonesia U-19 baru besutan Indra Sjafri bisa menebus kegagalan di Myanmar. Walau memang jalan yang dilalui Egy Maulana Vikri cs. berliku.

Berstatus sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-19 mengawali langkah di penyisihan Grup A dengan kemenangan atas Chinese Taipei 3-1. Sayang di laga lanjutan anak-anak Garuda Nusantara ditekuk Qatar 5-6.

Kemenangan atas UEA di laga terakhir jadi penentu kesuksesan melaju ke perempat final. Tinggal selangkah lagi tim besutan Indra Sjafri lolos ke Piala Dunia U-20 2019.

Video Populer

Foto Populer