Sukses


Perjalanan Timnas Indonesia U-19 Tembus Perempat Final Piala AFC

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 memastikan lolos ke perempat final Piala AFC U-19. Tiket delapan besar masuk genggaman tim besutan Indra Sjafri setelah membungkam Uni Emirat Arab (UEA) 1-0 pada laga terakhir Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (24/10/2018). 

Hasil tersebut membuat kans Indonesia tampil di Piala Dunia U-20 2019 masih terbuka. Timnas Indonesia U-19 bakal lolos jika bisa menapak semifinal di Piala AFC kali ini. 

Namun, skuat Garuda Nusantara menghadapi jalan terjal untuk menggapai mimpi tersebut. Timnas Indonesia dipastikan bertemu Jepang di perempat final. 

Jepang lolos ke perempat final setelah menjadi juara Grup B. Adapun Timnas Indonesia U-19 berstatus juara Grup A. Laga ini dipastikan tak mudah karena Jepang berstatus juara bertahan pada turnamen ini. 

Namun, apa pun masih bisa terjadi. Perjalanan di fase Grup A yang penuh lika-liku bisa menjadi modal berharga Timnas Indonesia menghadapi Jepang pada 8 besar, Minggu (28/10/2018). 

Berikut ini perjalanan Timnas Indonesia U-19 hingga menembus perempat final Piala AFC U-19 2018: 

 

2 dari 4 halaman

Perkasa Lawan Chinese Taipei

Timnas Indonesia U-19 membuka partisipasi Piala AFC U-19 2018 dengan menaklukkan Chinese Taipei 3-1 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (18/10/2018).

Timnas Indonesia U-19 mendominasi penuh jalannya pertandingan. Namun, ada momen mereka sempat ketar-ketir karena kecolongan gol penyeimbang Chinese Taipei. Untungnya, Witan Sulaiman muncul sebagai penentu kemenangan.

Permainan dengan tempo cepat langsung diperagakan Indonesia sejak kick off. Tekanan langsung diberikan lewat tendangan keras Asnawi Mangkualam Bahar di menit kedua yang masih melebar di sisi kiri gawang Chinese Taipei.

Di menit keempat, Indonesia mampu menjebol gawang lawan yang dikawal Li Guan-Pei. Sayang, gol yang dicetak Muhammad Rafli Mursalim usai menerima umpan silang Egy Maulana Vikri dianulir wasit karena terjadi offside.

Dua menit kemudian, skema serangan balik tuan rumah membahayakan Chinese Taipei. Sayang, umpan yang dilakukan Witan Sulaiman masih terlalu mudah dipatahkan para pemain belakang Chinese Taipei. Babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata. 

Momen yang dinanti-nanti baru tiba pada babak kedua. Egy Maulana membuka keunggulan Indonesia setelah memanfaatkan kesalahan bek Chinese Taipei di menit ke-50.

Sayang, keunggulan itu tak bertahan lama. Chinese Taipei sukses menyamakan kedudukan lewat skema serangan balik yang diakhiri dengan eksekusi Wang Chung-Yu di menit ke-53. 

Di menit ke-71, Indonesia mendapatkan peluang dari skema tendangan bebas. Peluang itu mampu dimanfaatkan setelah bola tepisan kiper Chinese Taipei disambut dengan sundulan Witan. Indonesia kini unggul 2-1.

Di sisa waktu, Indonesia masih sempat menambah keunggulan. Witan kembali membukukan namanya di papan skor pada menit ke-88 usai memanfaatkan operan Egy Maulana. Hingga laga berakhir, keunggulan 3-1 Indonesia tetap bertahan.

   

 

3 dari 4 halaman

Takluk Dramatis dari Qatar

Timnas Indonesia U-19 kalah dramatis dari Qatar pada pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (21/10/2018). Timnas Indonesia tumbang 5-6 meski sempat tertinggal lima gol.

Babak pertama berakhir dengan Timnas Indonesia U-19 tertinggal 1-4 dari Qatar. Gawang Timnas Indonesia U-19 bobol tiga kali hanya dalam waktu 30 menit.

Qatar memeroleh gol pertama lewat Hashim Ali di menit 11 memanfaatkan blunder Nurhidayat. Tiga menit kemudian, Abdulrasheed mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan keras dari luar kotak penalti.

Mohammed Al Bayati menambah penderitaan Timnas Indonesia U-19 lewat golnya di menit 24. Timnas Indonesia U-19 menciptakan gol di menit 28 lewat tendangan bebas Muhammad Luthfi.

Sayangnya, satu gol tambahan Abdulrasheed di menit 41 membuat perjuangan timnas Indonesia U-19 semakin berat. Pasukan Indra Sjafri masuk ruang ganti dengan keadaan tertinggal 1-4. 

Qatar tak menurunkan tensi serangan pada babak kedua. Alhasil, dua gol tambahan mereka raup saat pertandingan memasuki menit 59. Hashim Ali mencetak gol keduanya setelah memanfaatkan umpan silang dari sisi kiri pertahanan timnas. Tak lama kemudian, Abdulrasheed mencetak hattrick di menit 56.

Tertinggal lima gol, timnas Indonesia U-19 tetap mencoba bangkit. Todd Rivaldo dan Saddil Ramdani kembali membuat Timnas Indonesia U-19 bersemangat lewat sumbangan golnya masing-masing di menit 65 dan 69.

Todd Rivaldo pantas diacungi jempol setelah menambah dua gol lagi masing-masing di menit 73 dan 81. Timnas Indonesia U-19 pun membutuhkan satu gol lagi untuk menyamakan kedudukan.

Namun Timnas Indonesia U-19 akhirnya harus menyerah dari Qatar setelah gagal menciptakan satu gol tambahan. 

4 dari 4 halaman

Bungkam UEA

Timnas Indonesia U-19 menumbangkan Uni Emirat Arab (UEA) 1-0 pada laga Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (24/10/2018). Hasil ini membawa mereka ke babak 8 besar Piala AFC U-19 2018.

Witan Sulaeman menjadi pahlawan Timnas Indonesia U-19 lewat golnya di menit ke-23.

Ini adalah gol ketiga Witan Sulaeman pada Piala AFC U-19 2018. Sebelumnya dia mencetak dua gol pada partai versus Chinese Taipei. 

Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan mengakhiri putaran awal sebagai runner-up Grup A. Garuda Nusantara mengakhiri fase awal dengan perolehan enam angka, sama seperti Qatar dan UEA. Timnas kalah pertemuan melawan Qatar (5-6) namun unggul atas UEA (1-0). 

Timnas Indonesia U-19 selanjutnya menghadapi juara Grup B Jepang pada perempat final Piala AFC U-19. Laga itu berlangsung di SUGBK, Minggu (28/10/2018).   

Video Populer

Foto Populer