Sukses


Gusnul Yakin Bicara Kans Timnas Indonesia U-19 Mengalahkan Jepang

Bola.com, Malang - Kiprah Timnas Indonesia U-19 di Piala AFC U-19 2018 membuat banyak pihak kagum. Sebuah catatan manis sudah dibuat dengan melaju ke fase perempat final setelah di laga terakhir fase penyisihan Grup A (24/10/2018), Tim Garuda Nusantara mereka berhasil mengalahkan Uni Emirat Arab dengan skor 1-0.

Kini tim besutan Indra Sjafri itu dihadapkan dengan partai berat di fase gugur. Mereka harus menghadapi juara bertahan Jepang pada Minggu (28/10/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pelatih kawakan asal Malang, Gusnul Yakin, angkat suara terkait peluang Timnas Indonesia U-19 mengatasi Jepang.

Dari pengamatannya, peluang Garuda Nusantara cukup terbuka untuk lolos ke semifinal sekaligus mengantongi tiket ke Piala Dunia U-20 di Polandia tahun depan.

"Di atas kertas, Jepang memang tim kuat. Tapi, kalau melihat penampilan Indonesia di fase grup, menurut saya, peluang lolos 50 persen. Artinya, Indonesia bisa mengatasi Jepang. Tapi, dengan syarat, Indonesia ada di top performa setelah menang melawan UEA," jelas mantan pelatih Arema dan Persibo Bojonegoro ini.

Gusnul melihat ada modal penting yang kini sudah dimiliki Timnas Indonesia U-19, yakni fighting spirit tidak mau kalah yang tertanam dalam diri semua pemain.

"Mulai melawan Chinese Taipei, Qatar, dan UEA, grafik permainan timnas meningkat. Jadi, ini waktunya untuk bicara di kancah Asia. Jangan sampai semangat itu hilang waktu melawan Jepang. Justru harus dijaga," imbuhnya.

Secara teknis permainan, Gusnul mengakui sudah tidak ada yang perlu dibenahi karena skema dan materi pemain Timnas Indonesia U-19 saat ini sudah merata.

"Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Egi Maulana, dan yang lainnya skill-nya merata. Meski nanti kaptennya, tidak main karena kartu merah (Nurhidayat), pengantinya masih sama bagusnya. Ada Rachmat Irianto dan yang lain," lanjut pria 62 tahun yang kini menjabat sebagai Dirtek Arema Indonesia di Liga 3 tersebut.

Tetapi, Gusnul menambahkan Jepang juga punya keseriusan yang luar biasa di Piala AFC U-19 2018. Dia mengamati hasil yang dicapai Jepang saat fase grup.

"Di pertandingan terakhir melawan Irak, sebenarnya Jepang sudah dipastikan lolos apa pun hasilnya di laga itu. Tapi, mereka tetap bermain serius dan menang telak 5-0. Artinya, Jepang tidak pernah menganggap lawan dengan sebelah mata. Termasuk Timnas Indonesia U-19. Jadi, pertandingan nanti akan menarik," imbuhnya.

Video Populer

Foto Populer