Sukses


Tren Negatif Barito Putera Berlanjut, Jacksen Tiago Bela Pemainnya

Bola.com, Jakarta - Barito Putera kalah telak 0-3 pada lawatan ke Bekasi menghadapi Persija Jakarta di pekan ke-28 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Patriot Candrabhaga, Selasa (30/10/2018). Kekalahan ini memperpanjang tren negatif Laskar Antasari yang belum pernah menang setelah kompetisi kembali bergulir seusai Asian Games 2018.

Kemenangan Persija lahir berkat dua gol Marko Simic plus satu dari Novri Setiawan. Laskar Antasari kini memperpanjang tren negatif tak pernah menang menjadi delapan laga berturut-turut. Kemenangan terakhir yang diraih tim asuhan Jacksen Tiago didapat saat menghadapi Persebaya Surabaya pada 12 Agustus 2018, tepat sebelum kompetisi Liga 1 2018 diliburkan untuk Asian Games 2018.

Padahal Barito Putera pernah merasakan di puncak klasemen di putaran pertama. Namun, Barito Putera kini terpuruk di peringkat ke-10 klasemen Liga 1 2018.

Ketika ditanya faktor yang membuat Barito Putera terus merosot, sang pelatih, Jacksen Tiago, malah berkelakar. Dia meminta Nazarul Fahmi, yang menemaninya pada sesi konferensi pers, untuk menjawab.

Nazarul menyebut semangat tarung para pemain menjadi faktor yang kemungkinan menyebabkan Barito Putera sulit memutus tren negatif.

"Sebetulnya kami para pemain juga ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi. Persiapan kami selalu luar biasa, tidak ada yang berubah dari awal kompetisi sampai saat ini," ujar Nazarul Fahmi.

"Mungkin kami keBhilangan fighting spirit di lapangan. Itu menurut pendapat saya. Kompetisi sebentar lagi akan selesai dan mungkin itu memengaruhi semangat pemain. Namun, seharusnya tidak seperti itu, sampai kompetisi selesai Barito Putera harus terus berjuang," lanjutnya.

 

2 dari 2 halaman

Persiapan Lebih Detail

Jacksen Tiago langsung merespons positif komentar sang pemain. Menurut pelatih asal Brasil itu, persiapan timnya selalu lebih baik. Namun, banyak rencana permainan yang tidak bisa berjalan, seperti saat laga kontra Persija.

"Kami malah melakukan persiapan lebih detail daripada sebelumnya. Jika ada kegagalan, kami akan melakukan evaluasi dan itu terus kami lakukan. Persiapan pun sangat baik, tapi di lapangan ada yang tidak berjalan baik," ujar Jacksen.

"Ada sesuatu yang harus berproses lebih baik. Saya tidak pernah meragukan pemain yang saya miliki. Malah sekarang kami justru terus meningkatkan komunikasi pemain dengan staf dan analis. Namun, ketika sudah di lapangan itu adalah soal keputusan yang harus diambil. Bukan hanya sebatas kemampuan, tapi aspek psikologis memiliki dampak besar," lanjut pelatih Barito Putera itu.

Video Populer

Foto Populer