Sukses


Djanur Mencoba Skema Baru buat Persebaya

Bola.com, Surabaya - Performa apik ditunjukkan Osvaldo Haay dan David da Silva saat Persebaya menang 5-2 atas Bali United (18/11/2018). Keduanya menyumbang gol dalam laga yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, itu.

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, lantas berniat memakai formasi baru untuk memaksimal potensi Osvaldo dan David. Persebaya biasanya menggunakan formasi 4-3-3 dengan trisula kedua pemain itu ditambah Oktafianus Fernando atau Feri Pahabol.

Pelatih yang akrab disapa Djanur itu kali ini sedang menyusun rencana menggunakan formasi 4-4-2. Skema baru itu memungkinkan David dan Osvaldo untuk menjadi dua penyerang di ujung lini depan.

"Osvaldo Haay sempat di kiri, tapi pada pelaksanaanya agak diberi kebebasan, akhirnya seperti 4-4-2 juga. Jadi, tidak menutup kemungkinan di kandang pun kami bermain seperti di Bali," kata Djanur kepada awak media.

Osvaldo sempat dipasang menjadi targetman saat David absen dalam beberapa laga karena cedera. Hasilnya, pemain berusia 21 tahun itu menemukan ketajaman dengan membukukan enam gol dalam tujuh pertandingan terakhir.

Begitu David sembuh, Osvaldo digeser menemani posisi penyerang sayap kiri. Ketajamannya tidak berkurang, meski David pun mampu meneruskan permainan apiknya dan mencetak gol.

"Kami lihat Osvaldo saat laga melawan Bali United tidak murni main di kiri. Dia bisa jadi second striker dan striker," imbuh mantan pelatih Persib Bandung itu.

Trisula lini depan Persebaya sebenarnya tidak pakem menempati satu posisi tertentu. Ketiga pemain berputar bergantian mengisi tiga posisi secara bergantian. Bahkan, David yang merupakan seorang striker tak jarang menempati posisi sayap dan melakukan serangan dari sisi samping.

Djanur menilai strategi baru ini sangat mungkin diterapkan di Persebaya untuk meladeni Bhayangkara FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (26/11/2018). David juga tidak bermasalah dengan kondisi kebugaran sehingga rencana ini bisa dijalankan.

"Pasti, David da Silva saya jamin kalau tidak ada masalah dalam beberapa hari ini bisa diturunkan. Saya yakin kondisi kebugaran David da Silva cukup bagus dan ada motivasi tersendiri melawan Bhayangkara," ujar Djanur.

Video Populer

Foto Populer