Sukses


Bek Timnas Filipina Ini Hampir Rasakan Atmofer Sepak Bola Indonesia

Bola.com, Malang - Timnas Indonesia bakal menjalani laga terakhir di Piala AFF 2018 kontra Filipina, Minggu (25/11/2018). Sorotan kini ada pada tim lawan, karena mereka punya kans besar untuk lolos ke semifinal.

Dari skuat yang dibawa Filipina di turnamen ini, ada satu pemain yang tidak asing dengan Indonesia, yakni defender Alvaro Silva Linares. Pemain berdarah Spanyol itu juga menuai pujian dari pelatih ternama Filipina, Sven Goran Erikson.

Pada 2016, ternyata Alvaro nyaris berkiprah di kompetisi Indonesia. Waktu itu dia sudah didatangkan Arema FC ke Malang. Namun hanya sekali muncul dalam latihan di Stadion Kanjuruhan, dia akhirnya batal dikontrak.

Penyebabnya, Alvaro meminta banyak revisi dalam detail kontraknya. Terutama dari segi fasilitas. Padahal untuk nominal kontrak sudah ada titik temu.

Pelatih Arema waktu itu, Milomir Seslija, sempat kurang respek dengan Alvaro saat pertama kali keduanya bertemu. Mantan stoper klub Spanyol, Malaga, tersebut hadir dalam latihan namun sempat menolak turun ke lapangan dan hanya duduk di tribun.

Padahal Milo sudah memintanya membaur. Di tengah latihan, dia akhirnya mau turun ke lapangan namun hanya joging mengelilingi Stadion Kanjuruhan bersama asisten pelatih waktu itu I Made Pasek Wijaya. Alvaro mengaku enggan latihan karena belum menandatangi kontrak dengan Arema.

"Mungkin Arema belum berjodoh dengan dia. Waktu disodori agen dan melihat rekamannya bermain, dia masuk kualifikasi sebagai pemain Arema," jelas General Manager Arema, Ruddy Widodo.

"Karena itu dia didatangkan. Saya agak lupa persisnya dulu seperti apa. Tetapi akhirnya tidak ada kesepakatan yang terjadi," lanjutnya.

Arema pun tidak menyesal meski kini Alvaro tampil apik bersama timnas Filipina. Karena sejak didatangkan ke Arema, kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Saat itu, Alvaro datang dari klub kasta kedua Liga China, Daejeon Citizen. Klub itu cukup mentereng karena tahun sebelumnya berada di kasta tertinggi China. Sehingga Alvaro memiliki standart tinggi untuk detail kontrak beserta fasilitasnya.

Setelah gagal mencapai kesepakatan dengan Arema, pemain jangkung tersebut bergabung dengan klub Vietnam, Ha Noi, pada musim 2017. Sekarang pemain yang bernomor punggung 33 di timnas Filipina itu melanjutkan kariernya bersama klub Malaysia, Kedah FA.

Video Populer

Foto Populer